Momen Orang Tua Antusias Melihat Calon Taruna Akpol dari Pagar, tanpa Bisa Bertegur Sapa

Riana Rizkia
Para orang tua calon taruna Akpol melihat anaknya dengan antusias di Gedung D Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/7/2024). Foto: Diana Rizkia

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Sekelompok orang tua dari calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) mengunjungi Gedung D di Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah, pada hari Sabtu (13/7/2024). Kampus tersebut menjadi lokasi gladi bersih untuk tes akademik dan asesmen mental ideologi dalam seleksi taruna Akpol.

Mereka dengan antusias melihat para calon taruna meskipun tidak diperbolehkan bertegur sapa dan hanya bisa melihat dari luar pagar.

Salah satu orang tua calon taruna dari Padang, Sumatera Barat, bernama Arika (52), sengaja datang untuk melihat anak ketiganya, Parlindungan. Arika mengaku rindu karena terakhir kali bertemu putranya saat mengantarnya ke bandara pekan lalu.

"Kangen, sudah seminggu tidak ketemu. Tidak ketemu mulai antar dari bandara," ujar Arika, Sabtu (13/7/2024).

Arika bermaksud menengok anaknya yang menjadi salah satu calon taruna sebelum menjalani karantina selama proses seleksi tingkat pusat Akpol.

"Ya nggak bisa (bertegur sapa), setidaknya lihat bisa lihat saja sudah senang," kata Arika.

Diketahui, proses seleksi tingkat pusat Penerimaan Taruna/Taruni Akpol Tahun Anggaran 2024 memasuki tahap gladi uji akademik dan asesmen mental ideologi. Proses pengujian ini akan digelar pada Minggu (14/7/2024).

Asesmen ini dilakukan untuk mendeteksi dini calon anggota Polri agar tidak terpapar radikalisme atau paham menyimpang lainnya sebelum dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan pembentukan kepolisian.

Sebanyak 492 calon taruna dan taruni Akpol menjalani seleksi tingkat panitia pusat sejak hari Minggu (7/7/2024). Mereka akan mengikuti sejumlah tahap hingga sidang kelulusan pada 29 Juli 2024 mendatang.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network