Tidak Pandai Berhitung? Jurusan ini Patut Dipilih untuk Kuliah

Tim Litbang MPI
Ilustrasi (foto: freepik)

Para alumni HI bisa berpeluang besar untuk bekerja di perusahaan multinasional, kantor pemerintahan, perusahaan asing, diplomat, akademisi, jurnalis, dan mampu masuk ke organisasi internasional nonpemerintahan atau NGO.
Sebelumnya.

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi sepertinya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan baik dalam berhitung. Namun, siswa dengan kemampuan matematika yang amat baik rupanya juga tertarik untuk berkuliah di jurusan ini.
Ilmu komunikasi mempelajari bagaimana seseorang mampu menyampaikan pesan secara efektif sehingga pesan tersebut dapat tersampaikan dengan jelas dan baik. Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari komunikasi di berbagai level, mulai dari individu, organisasi, media, interkultural, hingga komunikasi media sosial.

Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi terbilang sangat luas. Para alumni bisa berkarier di bidang jurnalistik, penyiaran, hubungan masyarakat, kantor pemerintahan, akademisi, hingga penulis.

Sastra Indonesia atau Sastra Asing

Jurusan kuliah sastra Indonesia maupun sastra asing, seperti Inggris, Rusia, Belanda dan Jepang juga sangat cocok bagi kamu yang menghindari hitung-menghitung. Selain mempelajari bahasa negara tertentu, jurusan sastra juga lengkap mempelajari kebudayaan, pelafalan kata, dan mendalami karya sastra dari negara yang dipelajari.

Biasanya ada 2 konsentrasi yang ditawarkan jurusan ini, yakni linguistik dan literatur. Sama seperti jurusan non-eksak lainnya, alumni sastra memiliki prospek kerja yang sangat luas. Seperti guru, peneliti, jurnalis, sampai berkontribusi di kantor pemerintahan.

Seni Pertunjukan

Jurusan kuliah lain yang sangat menarik bagi kalian yang tidak pandai berhitung adalah seni pertunjukan. Mengutip Bustle, memang tidak mudah untuk bisa belajar di jurusan ini. Sebab, pihak kampus akan melakukan audisi ketat bagi para calon mahasiswa.

Mereka yang belajar di jurusan ini bisa memilih mata kuliah pilihan, seperti filsafat, agama dan bahasa asing. Jurusan seni pertunjukan juga akan mempelajari sejarah seni di masa lalu dan perkembangan seni di masa kini. Alumninya sudah jelas bisa berkecimpung langsung menjadi aktor atau aktris, selain menjadi pemain teater.

*diolah dari berbagai sumber

Editor : Miftahul Arief

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network