Dieng Culture Festival 2024 Mulai Hari Ini, Berikut Jadwal dan Rangkaian Acaranya

Ahmad Antoni
Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng menjadi venue pelaksanaan cara Dieng Culture Festival 2024. (foto Ahmad Antoni)

BANJARNEGARA, iNewsSemarang.id - Dieng Culture Festival (DCF) 2024 hari ini mulai digelar. Perhelatan DCF ke-14 ini dilangsungkan selama 3 hari pada  23 hingga 25 Agustus 2024 di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Festival tahunan yang mengusung tema Back to Journey ini menghadirkan berbagai acara yang sangat menarik dan menghibur bagi pengunjung yang menghadiri festival budaya ini.

Ketua Panitia Pelaksana Dieng Culture Festival 2024 Ali Fauzi mengatakan seluruh stakeholder pariwisata di Dieng siap menerima kedatangan 100 ribu pengunjung dalam event tersebut.

Berbagai macam atraksi hiburan maupun ritual tradisi, lanjut Alif, akan disajikan, termasuk ritual memotong rambut gimbal yang menjadi ritual paling penting, dan menjadi ikon Dieng Culture Festival 2024.

“Adapun atraksi dan hiburan diisi berbagai kesenian tari tarian tradisional, kongkow budaya, dan musik dengan label Jazz di Atas Awan,” kata Alif Fauzi.

Dia menyebutkan untuk ritual budaya memotong rambut bocah gimbal diperkirakan menjadi event paling diminati wisatawan pengunjung. Oleh karena itu, untuk sesi ritual ini akan dibagi dalam dua sesi, agar pengunjung tidak terlalu berdesak-desakan.
.
“Tahun ini kami memutuskan untuk membuat dua sesi proses pencukuran untuk kenyamanan pengunjung dan kesakralan proses ritual pencukuran rambut gimbal,” katanya.

Sementara, Kepala BOB, Agustin Peranginangin menyampaikan dukungannya kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara dan pada kinerja panitia berikut seluruh stakeholder penyelenggaraan Dieng Culture afesvital 2024.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network