Potret Kemeriahan Dieng Culture Festival 2024, Dipadati Ribuan Wisatawan

Ahmad Antoni
Ribuan wisatawan menyaksikan prosesi ruwatan masal anak berambut gimbal dalam pergelaran Dieng Culture Festival (DCF) XIV Tahun 2024 di Kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (24/8/2024). Antara

Sementara, Ketua Panitia DCF XIV Tahun 2024 Alif Fauzi mengatakan pihaknya sengaja membagi prosesi ruwatan anak berambut gimbal menjadi dua sesi karena selain jumlah pengunjungnya cukup banyak, saat sekarang tengah berlangsung pemugaran Candi Srikandi yang berada di antara Candi Arjuna dan Candi Puntadewa.

"Pengunjung pun dibagi menjadi dua sesi. Ini kami lakukan demi kekhidmatan prosesi ruwatan dengan mempertimbangkan kapasitas lokasi kegiatan karena saat sekarang sedang ada pemugaran Candi Srikandi," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa itu.

Dalam penyelenggaraan DCF XIV, kata dia, pihaknya menyediakan 6.000 paket wisata yang habis terjual dan jumlah tersebut belum termasuk pengunjung yang tidak membeli paket wisata.

Terkait dengan hal itu, dia memperkirakan jumlah pengunjung DCF XIV mencapai puluhan ribu hingga seratusan ribu orang.

Menurut dia, perkiraan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan saat penyelenggaraan DCF beberapa tahun sebelumnya yang diketahui mencapai 100 ribuan pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan kegiatan.

"Saat itu, kami juga melakukan survei terhadap 650 pengunjung dan diketahui rata-rata pengeluaran mereka selama kegiatan DCF mencapai Rp450 ribu per hari," sebutnya.

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network