Dana Kerohiman Jalan Tol Semarang-Demak Tahap II Cair, Ini Rinciannya

Ahmad Antoni
Tim Terpadu Pemprov Jateng melakukan Pembayaran Dana Kerohiman pada Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan, dalam rangka Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1 (Kaligawe-Sayung) Tahap II. (IST)

DEMAK, iNewsSemarang.id - Tim Terpadu Pemprov Jateng melakukan Pembayaran Dana Kerohiman pada Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan, dalam rangka Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1 (Kaligawe-Sayung) Tahap II. Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Selasa (27/8/2024).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jateng, Arief Djatmiko mengatakan, kegiatan itu merupakan pemberian Dana Kerohiman tahap II pada penanganan dampak sosial kemasyarakatan, dalam rangka penyediaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1 (Kaligawe-Sayung). Setelah tahap I selesai dilakukan 15-16 Desember 2023 lalu.

"Ini (pemberian Dana Kerohiman) tahap II, yang secara keseluruhan hampir selesai. Dua hari ini, kira-kira kita akan menyerahkan 103 bidang lahan kepada masyarakat terdampak," kata Arief.

Menurutnya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY menyediakan anggaran Dana Kerohiman untuk 103 bidang lahan di Demak dan Semarang sebesar Rp49 miliar. Rinciannya, lahan Semarang hanya satu bidang lahan, dan lainnya 102 bidang lahan adalah lahan di wilayah terdampak di Demak.

Ia menyampaikan, tol tanggul laut, begitu biasa disebut, merupakan salah satu proyek strategis nasional, yang sudah ditetapkan melalui Perpres 79 tahun 2019. Pemprov sangat mendukung proyek itu, terutama untuk aksesibilitas di jalan pantura, dari Semarang ke timur, atau selatan melalui timur.

"Di program ini, kita punya posisi strategis karena terkait dengan pembebasan lahan, penyediaan lahan. Kita sudah mulai di tahun 2016, dan tahun 2024 ini kita ingin selesaikan Seksi 1," sebutnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network