Perang Bintang di Pilgub Jateng 2024: Andika Perkasa Vs Ahmad Luthfi, Siapa Lebih Kuat?

Lutfan Faizi
Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Komjen Pol Ahmad Luthfi akan bertarung sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah 2024. FOTO/DOK.MPI/ARIF JULIANTO

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pertarungan kontestan di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024 diprediksi bakal berlangsung ketat. Pasalnya, ada dua jenderal yang maju dalam Pilgub Jateng 2024.

Ya, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Komjen Pol Ahmad Luthfi akan bertarung sebagai Calon Gubernur ( Cagub ) Jawa Tengah 2024. Sebelum terjun ke politik, keduanya merupakan sosok ternama dari TNI dan Polri. 

Menatap Pilkada Serentak 2024, ada banyak pasangan calon yang bakal bertarung memperebutkan suara. Salah satu yang paling mencuri perhatian hadir di Jawa Tengah. 

Seakan 'Perang Bintang', Pilkada Jateng 2024 akan dihiasi duel dua jenderal. Pertama, ada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang diusung PDIP serta eks Kapolda Jateng Komjen Pol Ahmad Luthfi yang didukung Partai Gerindra.

Andika Perkasa vs Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024

1. Riwayat Karier 

Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa adalah seorang purnawirawan Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat masih aktif di militer, menantu AM Hendropriyono ini sudah banyak menduduki jabatan penting. Sebut saja seperti Komandan Paspampres (2014), Pangdam XII/Tanjungpura (2016), Dankodiklatad (2018), Pangkostrad (2018) hingga KSAD (2018). Puncak kariernya didapat ketika Andika ditunjuk menjadi Panglima TNI (2021-2022). 

Adapun Komjen Pol Ahmad Luthfi adalah perwira tinggi (Pati) Polri aktif. Saat ini, dia bertugas sebagai Irjen Kemendag. Melihat ke belakang, Luthfi adalah lulusan Sepa Milsuk Polri tahun 1989. Sebelumnya, dia sempat menjadi Kapolda Jawa Tengah periode 2020-2024. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network