Jateng Masih Zero MPox, Dinkes Minta Masyarakat Tetap Waspada

Ahmad Antoni
Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah mengonfirmasi, hingga Selasa (3/9/2024), belum ditemukan kasus positif cacar monyet atau monkey pox (MPox). 

Lantas, bagaimana dengan kasus suspek di Brebes? Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan, hingga kini kasus di Brebes terkait suspek baru menjadi dugaan. 

"Sedang di-follow up, sampai hari ini masih dugaan tapi dari tanda dan gejalanya belum positif MPOX," ucap Yunita, melalui pesan singkat, Rabu (4/9/2024). 

Dia meminta masyarakat untuk tenang, namun tidak melepaskan kewaspadaan. Warga Jateng diharap tetap menerapkan pola hidup bersih, sehat, dan menjaga kondisi tubuh.  "Tahun 2024 belum ada kasus sampai hari ini di Jateng," imbuhnya. 

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Jateng Irma Makiah menjelaskan tentang MPox. Menurutnya, penyakit itu awalnya menjangkiti binatang monyet dan bersifat zoonosis, atau dapat menular ke manusia. 

Di dunia, imbuhnya, ada 99.176 kasus dengan 208 kasus kematian di antaranya. Sementara, di Indonesia tercatat ada 88 kasus Mpox, dan semuanya telah dinyatakan sembuh. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network