Sambut Hari Pelanggan Nasional, BPJS Kesehatan Semarang Beri Layanan Istimewa

Arni Sulistiyowati
Memperingati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Kesehatan Cabang Semarang kembali memberikan apresiasi serta cinderamata kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat mengakses layanan tatap muka. (Foto: Dok)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Memperingati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Kesehatan Cabang Semarang kembali memberikan apresiasi serta cinderamata kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat mengakses layanan tatap muka baik di kantor cabang, kantor kabupaten maupun Mal Pelayanan Publik. Rabu (4/9).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Fitria Nurlaila Pulukadang mengatakan momen Hari Pelanggan salah satunya dengan terus memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat yang ada di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. 

“Sekiranya peringatan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024 ini tidak hanya dimaknai terbatas sebagai sebuah perayaan saja. Namun sebagai pengingat bahwa layanan yang diterima oleh Peserta JKN harus yang terbaik dari yang terbaik dan kami berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas layanan,” ucap Fitria.

Fitria menambahkan, kepesertaan JKN saat ini lebih dari 98% penduduk di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Berbagai terobosan terus dihadirkan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan terbaik, salah satunya digitalisasi layanan administrasi maupun layanan kesehatan.

Pada layanan administrasi, BPJS Kesehatan telah menghadirkan integrasi kanal layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) dengan kanal Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) pada nomor 08118165165. Pada menu PANDAWA terdapat tiga jenis layanan yang dapat diakses masyarakat, yaitu layanan administrasi, layanan informasi dan layanan pengaduan. 

“Pada layanan administrasi, peserta JKN dapat melakukan pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan/perbaikan data, perubahan fasilitas kesehatan (faskes) bagi segmen TNI/POLRI, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat dan pengaktifan kembali nomor pembayaran iuran JKN yang telah melewati masa pembayaran,” ujar Fitria

 

Selain itu, Care Center 165, dan Aplikasi Mobile JKN juga dapat diakses oleh peserta. Semua layanan ini bisa diakses kapan saja dan dari mana saja, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta.

“Jika ingin tetap berkunjung ke kantor cabang, namun menginginkan pelayanan self service kami juga menyediakan Anjungan Mandiri JKN (Aman JKN) tanpa harus mengambil nomor antrean. Tak perlu khawatir, dengan bantuan petugas keamanan, peserta akan diarahkan ke mengoperasikan,” tambahnya.

Beberapa fitur yang dapat diakses peserta diantaranya perubahan data yang mencakup perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan kelas rawat, informasi mengenai status kepesertaan, pengecekan nomor virtual account, layanan Pandawa, pendaftaran program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), hingga pengecekan tagihan iuran. 

Fitur pencarian lokasi kantor cabang dan fasilitas kesehatan juga dapat diakses secara langsung melalui AMAN JKN.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network