Jaga Toleransi Umat Beragama, Banser Bantu Pecalang Amankan Perayaan Nyepi di Bali

Sulhanudin Attar
Banser bersinergi bareng Pecalang dan aparat TNI/Polri mengamankan perayaan Nyepi tahun baru Caka 1944 / 2022 Masehi yang jatuh pada hari ini, Kamis (3/3/2022). Foto: PWNUBali.or.id

BULELENG, iNewsSemarang.id - Toleransi antar umat beragama ditunjukkan oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dalam momen perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 / 2022 Masehi yang jatuh pada hari ini, Kamis (3/3/2022).

Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Banser Celukanbawang dan Sumberklampok Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, bersinergi bersama keamanan adat (Pecalang), aparat TNI dan Polri mengamankan kegiatan peribadatan umat Hindu di wilayah Gerokgak.

Fiqi Sakera, Komandan Satkolker Celukanbawang mengatakan giat pengamanan menyambut Hari Raya Nyepi itu dilakukan sejak Rabu (2/3/2022) pagi hingga hari ini. Kegiatan pengamanan bersama ini dilakukan di dusun BD. Brombong, Desa Celukambawang dipimpin langsung oleh Dansatkotkel 14D Celukanbawang.

"Kegiatan Satkorkel 14D Celukanbawang dalam menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dalam kegiatan pengamanan rangkaian kegiatan Nyepi Umat Hindu yang ada di Desa Adat Celukanbawang,” kata Fiqi, sebagaimana dilansir dari laman pwnubali.or.id.

Lebih lanjut disampaikan, sebanyak 9 personel Banser dikerahkan dalam membantu pengamanan kegiatan tersebut. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Babinsa Celukanbawang, Babinkamtibmas Celukanbawang, Bendesa Adat Celukanbawang dan Pecalang Celukanbawang.

Selain Satkorkel Celukanbawang, Sumberklampok juga mengerahkan sebanyak 5 personel Ansor dan 10 personil Banser yang dipimpin langsung Ketua Pimpinan Ranting Ansor Sumberklampok Hairuzzaman.

Fiqi menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan dalam rangka hari raya Nyepi di desa Sumberklampok berjalan lancar dan tertib.

“Bekerja sama dengan BABINSA, BABINKAMTIBMAS, TNI-POLRI, PECALANG, BAKAMDA, LINMAS DAN SATPOL PP. Sumberklampok Alhamdulillah kegiatan berlagsung dengan tertib dan aman,” paparnya.

Ditambahkan, pengamanan bersama tersebut merupakan kegiatan rutin Ansor dan Banser di wilayah kecamatan Gerokgak saat pelaksaan Hari Raya Nyepi. Pihaknya berharap sinergitas tersebut terus terjaga demi menegakkan toleransi dan keharmonisan antar umat beragama.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network