Tugas Berat Menanti Pj Bupati Brebes dan Banyumas: Amankan Pilkada Hanya Diikuti Calon Tunggal

Ahmad Antoni
Pengambilan sumpah jabatan Pj Bupati Brebes dan Banyumas. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana melantik Djoko Gunawan menjadi Pj Bupati Brebes dan Iwanuddin Iskandar sebagai Pj Bupati Banyumas. Proses pelantikan dilakukan di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Kamis (19/9/2024).

Djoko Gunawan merupakan Sekda Kabupaten Brebes. Ia menggantikan Pj Bupati Brebes sebelumnya, Iwanuddin Iskandar, yang dilantik menjadi Pj Bupati Banyumas menggantikan Hanung Cahyo Saputro. Hanung kini sepenuhnya kembali pada jabatannya sebagai Kepala Biro Umum Setda Jawa Tengah.

"Pergantian Pj Bupati ini hal biasa dalam organisasi karena adanya kebutuhan,” kata Nana usai pelantikan. Ia menilai, para Pj bupati sebelumnya sudah melaksanakan tugas dan amanahnya dengan baik.  

Nana meminta agar kedua Pj Bupati yang baru saja dilantik untuk mengevaluasi persoalan-persoalan yang ada. Dalam waktu dekat, pekerjaan yang perlu disukseskan penyelenggarannya adalah Pilkada. Selain itu, potensi kekeringan, serta kebakaran hutan, lahan, dan tempat pembuangan sampah seiring dengan musim kemarau. 

"Itu yang kami harapkan segera di antisipasi. Yang jelas mereka juga harus segera bersinergi dan berkolaborasi dengan unsur forkopimda yang ada sehingga mampu memberikan pelayanan dan menyejahterakan masyarakat," kata Nana. 

Sebab, di Jawa Tengah terdapat tiga daerah yang hanya memiliki calon tunggal pada Pilkada Serentak tahun ini. Tiga daerah itu adalah Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Sukoharjo. Menurut Nana, ketiga daerah ini tetap harus waspada, jangan sampai adanya calon tunggal itu nanti menimbulkan permasalahan.

Ia menegaskan agar Pemda, TNI-Polri, serta KPU dan Bawaslu melakukan tugas sesuai prosedur dan aturan yang ada. Kesiapan di tiga daerah itu juga harus menjadi perhatian.

Selain hal itu, Nana juga menekankan pada program-program prioritas seperti pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, penurunan angka pengangguran, stunting, dan pengendalian inflasi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network