Deretan Pelatih yang Dipecat dan Mundur gegara STY dan Timnas Indonesia, Nomor 6 Paling Terpukul

Ramdani Bur
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini deretan pelatih tim nasional (timnas) yang dipecat dan mundur gegara Shin Tae-yong (STY) bersama Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong mulai menangani Timnas Indonesia pada Desember 2019. belasan atau bahkan puluhan timnas pernah dihadapi pelatih asal Korea Selatan di berbagai kelompok umur maupun senior.

Berkat kecakapan Shin Tae-yong dalam meracik strategi, ada sejumlah pelatih tim lawan yang harus menerima konsekuensi pemecatan efek hasil buruk melawan Timnas Indonesia. 

Berikut deretan pelatih yang Dipecat dan mundur gegara Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia:

1. Damien Hertog (Timnas Arab Saudi U-19)
Pelatih asal Belanda, Damien Hertog, menjadi korban keganasan pertama Shin Tae-yong. Ia dipecat karena gagal membawa Timnas Arab Saudi U-19 menang atas Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba yang digelar di Kroasia pada Agustus 2020.
Sempat unggul 3-0, Arab Saudi U-19 ditahan Timnas Indonesia U-19 dengan skor 3-3! Kelar pertandingan, Federasi Sepakbola Arab Saudi (KSA) memutuskan memecat Damien Hertog. Sebelum imbang melawan Timnas Indonesia U-19, Arab Saudi U-19 tumbang 2-3 dari Bulgaria dan kalah 3-4 dari Kroasia.

2. Tatsuma Yoshida (Singapura)
Meski berstatus tuan rumah Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida gagal mengalahkan Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong di semifinal. Setelah bertemu dua kali di semifinal yang dilangsungkan di National Stadium, The Lions -julukan Singapura- kalah agregat 3-5! Setelah kekalahan itu, Tatsuma Yoshida memilih meninggalkan jabatan pelatih Timnas Singapura.

3. Tan Cheng Hoe (Malaysia)
Malaysia sempat superior di bawah asuhan Tan Cheng Hoe pada periode 2018-2019. Di bawah tangan dinginnya, Malaysia lolos ke final Piala AFF 2018 dan tampil ciamik di laga-laga awal babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, termasuk menang 3-2 atas Timnas Indonesia di SUGBK.
Namun, memasuki tahun 2021, performa Timnas Malaysia menurun, termasuk kalah 1-4 dari Timnas Indonesia di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Kekalahan itu membuat Timnas Malaysia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Beberapa hari setelah turnamen kelar, pelatih berkacamata ini memutuskan meninggalkan jabatan pelatih Timnas Malaysia.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network