Deretan Pelatih yang Dipecat dan Mundur gegara STY dan Timnas Indonesia, Nomor 6 Paling Terpukul

Ramdani Bur
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

4. Vitezslav Lavicka (Kuwait)
Timnas Indonesia secara luar biasa menang 2-1 di markas Kuwait, tepatnya di matchday pertama Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil itu yang kemudian membuka jalan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, tepatnya setelah menang 7-0 atas Nepal.
Bagaimana dengan Kuwait? Wakil Asia Barat ini gagal lolos ke Piala Asia 2023. Vitezslav Lavicka yang berpaspor Republik Ceko pun harus puas dipecat setelahnya.

5. Dinh The Nam (Timnas Vietnam U-20)
Dinh The Nam harus rela melihat Timnas Vietnam U-20 kalah 2-3 dari Timnas Indonesia U-20 racikan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Untung bagi Timnas Vietnam U-20, mereka tetap lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai satu dari lima runner-up terbaik.
Namun, ketika Timnas Vietnam U-20 ambil bagian di Piala Asia U-20 2023, jabatan pelatih tak lagi dipegang Dinh The Nam. Kursi pelatih kemudian diisi pelatih berpengalaman, Hoang Ang Tuan.

6. Philippe Troussier (Timnas Vietnam)
Philippe Troussier terpental dari kursi pelatih Timnas Vietnam. Hal itu setelah Timnas Vietnam kalah tiga kali beruntun dari Timnas Indonesia.
Sebut saja tumbang 0-1 di Piala Asia 2023, serta 0-1 dan 0-3 di matchday ketiga dan keempat Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

7. Graham Arnold (Timnas Australia)
Graham Arnold mundur dari jabatan pelatih Timnas Australia pada Jumat, (20/9/2024) pagi WIB. Hasil imbang 0-0 melawan Timnas Indonesia di matchday kedua Grup C, menjadi salah satu alasan pelatih 61 tahun ini angkat kaki dari skuad Socceroos -julukan Timnas Australia.
“Setelah pertandingan melawan Indonesia, saya mengatakan akan mengambil keputusan. Setelah melakukan refleksi mendalam, hati saya mengatakan inilah waktunya untuk perubahan, baik untuk diri saya sendiri maupun Timnas Australia,” kata Graham Arnold, mengutip dari laman Socceroos.
 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network