3 Mahasiswi Unnes Magang di KBRI Manila, Mengajar hingga Menampilkan Tari Tradisional

Ahmad Antoni
Tiga mahasiswi Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Semarang (Unnes) magang di KBRI Manila, Filipina. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Tiga mahasiswi Program Studi Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkesempatan untuk magang di KBRI Manila, Filipina. Mereka akan magang selama tiga bulan, terhitung mulai 18 Oktober hingga 18 Desember 2024.

Ketiganya adalah Yesuana Gita Pintaningtyas, Ade Irma Dyan Whista Wardhani, dan Lintang Pramesti. 

Selama magang, mereka akan mengajar tari Semarang Rumah Kita kepada staf KBRI dan menampilkan tari tradisional sebagai bentuk diplomasi budaya.

Selain itu, mereka juga diagendakan melakukan penelitian untuk penulisan skripsi sehingga diharapkan akan mempercepat kelulusan mereka.

Magang internasional merupakan salah satu strategi Unnes untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa. Mereka diharapkan memperoleh wawasan internasional, membangun jaringan internasional, sekaligus belajar tentang budaya negara yang dituju. 

Dekan FBS Unnes, Prof. Dr. Tommi Yuniawan, M.Hum., menjelaskan bahwa pihkanya telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, perguruan tinggi, dan perusahaan di berbagai negara untuk memfasilitasi hal tersebut. 

Selain dalam bentuk magang, pengalaman internasional juga diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik mengajar internasional dan mengikuti pertukaran pelajar internasional.

"Program magang bisa menjadi salah satu ruang dan waktu bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu mereka dengan cara mengajar, melakukan pementasan dan penelitian," ungkapnya, Kamis (17/10/2024).

Rektor Unnes, Prof. Dr. S Martono, M.Si., berpesan kepada ketiga mahasiswi untuk selalu menjaga nama baik Unnes. Beliau berharap mereka bisa memperkenalkan Unnes kepada masyarakat luar, khususnya di Manila.

Menurutnya, pengalaman magang akan menjadi bekal yang sangat berharga karena meningkatkan wawasan dan jaringan kerja sama mahasiswa. Terlebih, mereka magang di KBRI, sehingga bisa memperkuat diplomasi Indonesia di Filipina dengan menggunakan kegiatan budaya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network