Menikmati Indahnya Pemandangan Alam Tol Khayangan, Desa di Atas Awan

Ahmad Antoni
Perangkat Desa Pranten dan Tim Telkomsel Jawa Tengah berfoto bersama di depan BTS "Tol Khayangan". (Istimewa)

BATANG, iNewsSemarang.id - Warga Desa Pranten di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akhirnya bisa menikmati signal internet yang berkualitas setelah 7 tahun menunggu.

Desa yang yang terletak di perbatasan Dieng ini memiliki potensi alam yang luar biasa, mulai dari tanahnya yang subur hingga pemandangan alam yang sangat indah.

Desa Pranten juga terkenal dengan sebutan Desa di Atas Awan yang memiliki Tol Khayangan. Hal itu bukan tanpa sebab, karena desa ini tersebut teletak di ketinggian 1988 mdpl. Selain pemadangan alam yang indah dan hawa yang dingin, lautan awan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi desa tersebut.

Saat ini para wisatawan bisa membagikan keseruannya saat melewati tol khayangan ataupun saat menikmati jagung bakar dan secangkir kopi panas di atas awan secara langsung, baik melalui insta story maupun video call.

Saat ditemui di rumahnya, Ella yang merupakan Sekretaris Desa Pranten bercerita bahwa sebelumnya daerah tersebut benar-benar tidak terjangkau oleh signal internet, 

“Pada tahun 2017 pemerintah desa berjuang untuk mendapatkan signal internet, kami sampai mendatangi Dinas Kominfo dan Dinas lainnya untuk meminta bantuan, ternyata perjuangan ini tidak mudah, awalnya kami hanya mendapat bantuan Wifi di satu titik yakni di Kantor Desa,” ungkap Ella dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

“Hingga saat pandemi melanda, kami benar-benar merasa bahwa internet adalah kebutuhan pokok karena administrasi desa maupun proses belajar mengajar semuanya dilakukan secara online. Alhamdulillah saat itu kami bertemu dengan Pihak Telkomsel yang mau mensolusikan permasalahan dan kebutuhan kami,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network