Susi Pudjiastuti Ajari Emak-Emak Bikin Minyak dari Kelapa, Siasati Kelangkaan Minyak Goreng

Feby Novalius
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: instagram/@susipudjiastuti115)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mengamati kelangkaan minyak goreng di pasaran, Susi Pudjiastuti akhirnya tergelitik bagikan tips pada emak-emak untuk membuat minyak goreng sendiri. Minyak goreng buatan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini berbahan dasar dari buah kelapa.

Susi mengaku sudah 3 tahun membuat minyak kelapa Virgin Coconut Oil (VCO). Menurutnya, minyak ini sehat dan tidak menguras dompet.

"Keluarga kami sudah 3 tahun ini membuat minyak kelapa VCO sendiri. Untuk kesehatan dan juga penghematan. Buatnya mudah dan tidak mahal," ujar Susi di Twitternya, Sabtu (12/3/2022).

Susi mengatakan, minyak kelapa ini selain bisa untuk masak. Bisa juga dioleskan ke rambut dan tubuh. "Banyak sekali manfaatnya," ujar Susi.

Berikut cara dan bahan yang dibutuhkan membuat minyak kelapa ala Susi:

Bahan Minyak VCO:

- 10 butir kelapa tua

- 4 liter air matang

Peralatan yang Dibutuhkan:

- Toples transparan

- Mesin parut

- Kain puring

- Corong

- Kapas, tisue

- Saringan santan

- Selang kecil transparan

- Baskom

- Blender

Cara membuat:

Kelapa dikupas. Ambil daging buah kelapanya. Kemudian cuci kelapa dengan bersih. Lalu parutkan kelapa. Setelah kelapa diparut, tuangkan air secukupnya.

Kemudian remas hingga mengeluarkan santan. Tidak boleh lebih dari 30 menit, dari proses parut sampai santan. Saring dan remas hingga mengeluarkan santan. Saring kembali santan ke wadah transparan.

Kemudian diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu simpan di tempat suhu yang dingin hingga terbentuk 2 lapisan, atas cream dan bawah air.

Kemudian buang air dengan selang dan simpan di wadah. Mixer selama 30-60 menit (kecepatan sedang dan stabil. Setelah itu tuangkan ke dalam toples dan diamkan selama 12-15 menit (suhu panas). Nantinya akan terlihat 3 lapisan bawah air, tengah blonde dan atas VCO.

Langkah akhir proses minyak VCO, 2 tahap penyaringan minyak. Bahan bekas parutan kelapa dapat digunakan sebagai makanan unggas.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network