Apel Gelar Pasukan, KAI Daop 4 Semarang Siagakan 2.768 Personel Layani Masa Angkutan Nataru

Ahmad Antoni
Kepala Daop 4 Semarang KAI Daniel Johannes Hutabarat memimpin Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Nataru. (foto A.Antoni)

Dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Nataru ini, KAI berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut menyukseskan Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Dengan bantuan dari beberapa pihak tersebut kami harap angkutan Nataru tahun ini dapat terselenggara dengan aman dan menyenangkan,” ujar Kepala Daop 4 Semarang KAI Daniel Johannes Hutabarat.

Fasilitas Pelayanan Nataru
Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

Selain itu, Daop 4 Semarang juga menyediakan fasilitas air minum gratis Drinking Water Fountain di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng (2 unit) dan Stasiun Semarang Poncol (2 unit). Fasilitas ini merupakan langkah yang sejalan dengan komitmen KAI untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Melalui perkenalan Drinking Water Fountain, KAI ingin mendorong penggunaan tumbler untuk mengurangi ketergantungan pada botol plastik sekali pakai yang sulit terurai.

Dengan adanya fasilitas tersebut KAI mengajak para pelanggan kereta api untuk mulai membiasakan diri membawa botol isi ulang sendiri sebagai bagian dari upaya mengurangi sampah plastik

Penambahan Petugas Pelayanan selama Posko

KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) di wilayah Daop 4 Semarang untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Inovasi Digital
Dalam Inovasi digitalisasi layanan, Daop 4 Semarang juga menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang kini telah tersedia di empat stasiun utama yang meliputi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan.

Perjalanan KA Selama Nataru
Selama periode Nataru, KAI Daop 4 Semarang menjalankan 31 perjalanan KA Penumpang Reguler dan 3 perjalanan KA Penumpang Tambahan. Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan selama masa Angkutan Nataru 2024 dan Tahun Baru 2025 sebanyak 444.605 tempat duduk atau rata-rata 24.717 tempat duduk per hari.

Selain itu juga terdapat 63 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan rincian 55 KA Reguler dan 8 KA Tambahan.

Diprediksi puncak penumpang naik tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang akan terjadi pada Minggu, 29 Desember 2024 dan pada Rabu, 1 Januari 2024 dimana akan terdapat sebanyak lebih dari 20ribu penumpang akan naik dari stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

Momen Angkutan Nataru ini tentu dirindukan masyarakat untuk berlibur maupun mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan tepat waktu.

“Perjalanan dengan kereta pada masa Nataru dipastikan aman, nyaman, dan berkesan. KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan baik untuk momen liburan yang seru bersama rekan, sahabat maupun keluarga,” ujarnya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network