get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Kisah Sukses Pendiri Tehbotol Sosro, dari Jualan di Pasar kini Mendunia

Senin, 20 Juni 2022 | 16:06 WIB
header img
Tehbotol Sosro diproduksi PT Sinar Sosro yang sudah mendunia awalnya dipasarkan secara konvensional. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Nama merek Tehbotol Sosro telah melekat di masyarakat tanah air dengan jargon “Apapun makannya, minumnya tetap Tehbotol Sosro”. Di balik kesuksesan Tehbotol Sosro ini, tak banyak yang tahu jatuh bangun pendirinya yang dulu sempat berjualan di pasar, kini produknya telah dipasarkan ke berbagai negara di dunia.

Adalah Soegiharto Sosrodjojo sang pendiri Tehbotol Sosro melalui PT Sinar Sosro, perusahaan yang memproduksi the siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan bahkan dunia.

Mengutip laman Sinar Sosro, keluarga Sosrodjojo  memulai usahanya di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merek Teh Cap Botol pada 1940. Dua puluh tahun kemudian atau pada 1960, Soegiharto dan saudara-saudaranya hijrah ke Jakarta untuk mengembangkan bisnis keluarga tersebut.

Pada 1965, mereka memperkenalkan Teh Cap Botol dengan strategi Cicip Rasa, yaitu mendatangi pusat-pusat keramaian, seperti pasar. Lalu mulai memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Sayangnya, strategi itu kurang berhasil sehingga memutuskan untuk memasukkan teh yang sudah diseduh ke dalam panci besar, kemudian dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Strategi itu kembali gagal karena teh yang dibawa banyak yang tumpah di dalam perjalanan. Akhirnya tanpa sengaja ditemukan ide membawa teh yang sudah diseduh dikemas ke dalam botol bekas kecap atau limun yang sudah dibersihkan. Selanjutnya, pada 1969 muncul gagasan menjual teh siap minum dalam kemasan botol, yang diberi nama Tehbotol Sosro.  

Nama itu berasal dari nama teh seduh Teh Cap Botol dan nama keluarga pendirinya, yaitu Sosrodjojo. Tehbotol Sosro mengalami perubahan desain sebanyak tiga kali, pada 1969, 1972, dan 1974.

Soegiharto Sosrodjojo pun mendaftarkan PT Sinar Sosro pada 17 Juli 1974. Perusahaan ini yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung KM. 28 Kelurahan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

PT Sinar Sosro hingga tahun lalu sudah mempunyai 12 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta, Tambun, Cibitung, Ungaran, Gresik, Mojokerto, dan Gianyar. Sedangkan pabrik yang khusus memproduksi air mineral Prim-A berada di Sentul, Purbalingga dan Pandaan.

Tidak hanya di dalam negeri, PT Sinar Sosro juga merambah pasar global dengan melakukan ekspor produk-produk one way packaging/nonbotol beling ke sejumlah negara di Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia dan Kepulauan Pasifik.

Adapun roduk-produk yang diproduksi PT Sinar Sosro, yakni Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, TEBS, Country Choice dan Air Mineral Prim-A.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut