get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Kisah Nanang Muhibudin, Sukses Ternak Domba Dorper Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Senin, 17 Juni 2024 | 14:38 WIB
header img
Nanang Muhibudin sukses menjadi peternak domba dorper dengan nama peternakan Hilwayah Farm bermodal awal 5 ekor domba. (Foto: YouTube PecahTelur)

JAKARTA, iNewsSemarang.id Kisah sukses datang dari Nanang Muhibudin, peternak domba dorper yang awalnya bermodal 5 ekor ini mampu mempelajari teknik beternak domba yang kerap dianggap mahal dan rumit.

Meski membutuhkan waktu yang lama untuk merawatnya, Pria asal Tulungagung, Jawa Timur itu menyebut potensi keuntungan penjualan domba mampu mencapai ratusan juta rupiah.

Pemilik Hilwayah Farm ini mengaku memulai beternak domba dari ketidaksengajaan. Perjuangannya mengembangkan bisnis tersebut tidaklah mudah karena dalam memulai beternak pada akhir 2021 dia tidak memiliki sedikitpun pengetahuan tentang ilmu peternakan.

Nanang kemudian mengikuti sejumlah pelatihan pengembangbiakan domba dan berkunjung ke berbagai peternakan untuk mendapatkan pengetahuan. Selain itu, dia juga memanfaatkan media sosial, termasuk YouTube untuk menjadi sarana Nanang untuk belajar.

Domba yang dia beri makan rumput gajah dan rumput odot ditambah konsentrat perlahan-lahan mulai berkembang biak. Dia pun menambahkan jumlah domba hingga 130 ekor.

Setelah enam bulan mendirikan peternakan, Nanang merawat dan memberi makan sendiri. Pada akhirnya, dia merekrut satu orang pekerja untuk membantunya mengurus domba secara harian setelah pulang mengikuti pelatihan.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut