get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Mbah Hardjo 109 Tahun dan Rohmah 17 Tahun, Jemaah Haji Tertua serta Termuda 2024

Jamaah Haji Jangan Risau, Bahasa Indonesia Populer di Madinah

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:41 WIB
header img
Muhammad Nasril di depan papan petunjuk berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi. (foto: Kemenag)

MEKKAH. iNewsSemarang - Penguasaan Bahasa Arab menjadi salah satu hal yang membuat Jamaah Indonesia risau, namun kini mereka tidak perlu risau dan panik lagi saat menjalankan ibadah haji, karena di beberapa tempat publik terutama di Madinah sudah populer Bahasa Indonesia.

Bahkan, saat memasuki area Masjid Nabawi, dapat ditemukan sejumlah papan informasi petunjuk arah dalam Bahasa Indonesia, selain bahasa Arab dan Inggris dan juga bahasa Indonesia,sebagaimana diungkapkan salah satu petugas Haji Indonesia asal Aceh, 

“Misalnya, petunjuk tempat salat dan wudu wanita. Hal ini sangat memudahkan jemaah Indonesia memahaminya untuk mengurangi salah arah, tanpa harus ada penerjemah,” tulis Nasril dilansir laman Kemenag, Kamis (23/6/2022).

Nasir menyitir cerita seorang penjaga di kawasan Masjid Nabawi, Abdurrahman, yang mengatakan bahwa, penggunaan bahasa Indonesia pada tanda-tanda jalan tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak jamaahnya di Madinah. 

Apalagi di musim haji, khususnya di Masjid Nabawi, jemaah Indonesia sangat ramai. Maka bahasa Indonesia digunakan pada beragam papan pengumuman untuk memudahkan tamu Allah tersebut. 

"Untuk memudahkan jemaah dari Indonesia, mereka sangat ramai di sini," ujar Nasir menirukan penjaga kawasan Masjid Nabawi. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut