get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Bakal Gabung NATO, Eropa Terancam Serangan Nuklir Rusia

Di Tengah Kota Ukraina, Jokowi Berharap Perang Segera Dihentikan

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:52 WIB
header img
Joko Widodo dan Ibu Negara meninjau kompleks apartemen di Irpin yang hancur digempur Rusia (Foto: BPMI Setpres)

KYIV, iNewsSemarang.id - Saat melihat langsung kondisi kota di Ukraina yang hancur akibat perang, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berharap perang segera dihentikan. Jokowi juga sangat berharap sudah tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Presiden Jokowi. 

Dikabarkan, di hari keempat agenda kunjungan kerjanya ke luar negeri, Presiden dan Ibu Iriana akan berada di Ukraina untuk melakukan sejumlah kegiatan, diawali dengan mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat, Rabu, 29 Juni 2022. Jokowi tiba usai menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB).

Jokowi dan Iriana saat tiba di Kyiv disambut langsung oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv.

Dalam mengunjungi kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Jokowi didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin meninjau dan melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat meninjau Kota Irpin yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut