get app
inews
Aa Read Next : Asyiknya Kemping di DeLoano Glamping, Ekowisata Hutan Pinus di Ketinggian 850 MDPL

9 Desa Terkaya di Indonesia, Nomor 3 Kampung Nelayan Paling Sultan di Jawa Tengah

Senin, 25 Juli 2022 | 13:12 WIB
header img
Desa Bendar di Juwana, Pati, Jawa Tegah, menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia. Nelayan di desa berpenghasilan hingga ratusan juta per bulan. Foto Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Deretan desa terkaya di Indonesia ini tersebar di berbagai daerah di tanag air, Pendapatan utamanya beragam, ada yang dari sektor pariwisata, ada pula yang malah kampung nelayan.

Program Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) sejumlah desa di Indonesia membuahkan hari. Desa-desa berhasil mengembangkan potensi di daerahnya secara maksimal.

Program ini berhasil mengubah desa berpendapatan rendah menjadi desa dengan pendapatan sangat tinggi. Bahkan karena kayannya, deretan desa terkaya di Indonesia ini memiliki pendapatan yang fantastis dan mencapai miliaran rupiah.

Berikut daftar 9 desa terkaya di Indonesia:

1. Desa Kutuh

Desa Kutuh menjadi desa paling kaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp50 miliar per tahun. Desa yang berada di Kuta Selatan, Badung, Bali ini termasuk desa yang berhasil dalam mengembangkan potensi pariwisatanya dan menjadi desa percontohan.

Upaya pengembangan pariwisata di Desa Kutuh ini bahkan sudah dilakukan sejak 1998, jauh sebelum adanya kebijakan TKDD. Wisata andalan Desa Kutuh seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan wisata lainnya yang menyuguhkan budaya di sana.

2. Desa Meranti

Desa terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Desa Meranti yang berada di Riau. Desa ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama oleh para peselancar.

Bagi peselancar baik lokal maupun internasional tentunya sudah tidak asing dengan Ombak Bono. Ombak Bono merupakan gelombang air yang terletak di Sungai Kampar, Riau. Bukan hanya ombaknya, desa ini juga memiliki objek wisata lainnya seperti kegiatan budaya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut