get app
inews
Aa Read Next : Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024, NU Kapan?

Rute Menuju Makam Kyai Sholeh Darat Dengan Angkutan Umum

Senin, 25 Juli 2022 | 19:44 WIB
header img
Lokasi makam Kyai Sholeh Darat terletak di jantung kota Semarang. Foto: Ahmad Antoni/iNews.id

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Kyai Sholeh Darat adalah ulama maha guru para ulama nusantara, banyak ulama terkenal Indonesia menjadi muridnya termasuk pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’arie dan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Ulama Kyai Sholeh darat dimakamkan di kota Semarang, lokasi makam Kyai Sholeh Darat sangat strategis karena terletak di jantung kota dan berada pada Komplek pemakaman terbesar di Kota Semarang, yaitu komplek pemakaman bergota. 

Bagi peziarah dari luar kota yang sudah familiar dengan kawasan wisata oleh-oleh Pandanaran, berarti sudah dekat dengan makam mahaguru nusantara itu, berjarak sekitar  satu kilometer arah selatan dari kawasan wisata oleh-oleh tersebut.

Atau bagi yang lebih familiar dengan Kampung Pelangi atau Rumah sakit RSUP Kariadi, Komplek pemakaman Kyai sholeh darat tersebut berada di arah timurnya, dengan jarak sekitar 800 meter.

Akses menuju pemakaman Kyai sholeh darat sangat mudah, baik dari Bandara Ahmad Yani, Terminal Terboyo atau terminal Mangkang,  stasiun Tawang, atau Poncol. 

Berikut beberapa cara untuk menuju ke pemakaman Kyai sholeh darat dengan berapa moda transportasi:

1. Bus BRT Semarang

Bagi peziarah yang berasal dari luar kota, dapat turun di halte BRT Kariadi, lalu di naik ojek menuju lokasi makam Kyai Sholeh Darat, tarif BRT Rp4.000 dan tarif aplikasi ojek online sekitar Rp.11.000.

Alternatif lainnya, peziarah dapat turun di halte BRT Pandanaran, lalu naik ojek dengan skema dan tarif yang sama seperti diatas.

2. Angkutan Umum Minibus

Selain menggunakan bus BRT, peziarah juga dapat menggunakan angkutan umum minibus warna orange jurusan Johar-Sampangan dari pusat oleh-oleh pandanaran, turun di pemakaman Bergota, lalu jalan kaki sekitar 300 meter ke lokasi makam Kyai Sholeh darat.

Alternatif lainnya menggunakan angkutan minibus warna orange jurusan Johar-Banyumanik dari Lawang sewu Tugu Muda, turun Taman Kasmaran atau RSUP Kariadi, lalu lanjut ojek menuju lokasi makam Kyai Sholeh darat dengan tarif aplikasi ojek online sekitar Rp.11.000.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut