get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Akan Bentuk Presidential Club, Apa Itu?

7 Makam Keramat yang Sering Diziarahi Pejabat Negara, Nomor 4 Sosok Pendiri Kota Solo

Senin, 06 Mei 2024 | 05:48 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berziarah di makam Bung Karno (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ada tradisi ziarah kubur pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, saat Idul Fitri, Idul Adha, bahkan pada hari-hari lain yang dianggap sakral.

Makam yang sering jadi sasaran ziarah adalah makam keluarga, leluhur, ulama, hingga tokoh-tokoh penting. Ziarah kubur memang disunnahkan dengan cara datang memohon doa ampunan kepada penghuni kubur dan menjadikannya sebagai momentum mengingat kematian.

Namun masih ada praktik yang terjadi dalam tradisi Indonesia melenceng dari sunah Nabi karena melakukan ritual-ritual khusus yang tak disyariatkan dalam Islam bahkan menjurus pada kesyirikan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Terlepas dari itu, ziarah kubur masih mentradisi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan banyak kuburan orang-orang tertentu yang didatangi ramai-ramai oleh warga karena dianggap sebagai ‘makam keramat’.

Ini bukan hanya dilakukan kalangan orang bawah saja, pejabat hingga para kesohor di negeri ini juga ada yang sering menziarahi makam-makam sosok terkenal seperti pahlawan, ulama, dan lainnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut