get app
inews
Aa Read Next : Diperiksa di Mabes Polri, Firli Masuk Lewat Pintu Belakang

Mahfud MD Sebut Penyidikan Kematian Brigadir J Gampang, Tapi Harus Bersabar

Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:58 WIB
header img
Menko Polhukam Mahfud MD. foto : /MPI

Mahfud MD  Sebut Penyidkkan Kematian Brigadir J Gampang, Tapi Harus Bersabar

 

JAKARTA.iNewsSemarang.id- Menko PolhukamMahfud MD mengatakan bahwa kasus kematian Brigadir J di rumah Irjen Ferdy secara teknis penyidikannya mudah dilakukan. Namun karena kasus tersebut bukan kriminal biasa, membutuhkan kesabaran.

 

Karenanya dalam pengungkapan kasus tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Masyarakat diminta untuk bersabar menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Memang harus bersabar. Saya katakan, maaf ini tidak sama dengan kriminal biasa, karena ada psiko hierarkial, ada juga psiko politisnya. Jadi kalau teknis seperti itu, secara teknis penyidikan itu sebenarnya katanya gampang, “ ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

 

“Sehingga kita harus sabar. Tetapi saya katakan ada kemajuan-kemajuan, sudah bagus,” sambungnya.

 

Kemajuan tersebut berupa tindakan tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menangani kasus ini. Yakni dengan pembuatan tim khusus, penonaktifan Kadiv Propam, hingga autopsi ulang.

“Kasus itu terjadi tanggal 8, baru diumumkan tanggal 11. Tiga hari kan. Orang ribut ini nggak wajar. Lalu kapolri responsif, dia lalu bentuk timsus. Rakyat tidak puas lagi itu harus dinonaktifkan, kalau dia masih aktif di situ nanti penyelidikan nggak objektif, bisa terpengaruh. Oke dinonaktifkan Sambo, Kadiv Propam. Pokoknya ada 3, itu dia dinonaktifkan sudah responsif Kapolri,” jelasnya. 

 

“Ada lagi, “Pak itu autopsinya nggak bener. Harus diulang. “Siapa pak yang autopsi?Hanya dari Pusdokes Polri tidak boleh, supaya libatkan banyak institusi”. Sudah dipenuhi oleh Kapolri. Apa kurang bagus tuh?Kan sudah bagus tuh,” ujarnya lagi.

 

Dengan tindakan kapolri itu, kata Mahfud MD,  masyarakat tinggal mengawal dan menunggu karena kapolri sudah melakukan langkah-langkah terbuka.

“Jadi menurut saya, kapolri ini sudah melakukan langkah-langkah terbuka. Tinggal nanti pada akhirnya kita kawal semua,” pungkasnya.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut