get app
inews
Aa Read Next : Viral Bocah Mendaki 8 Gunung Berbeda di Indonesia, Serukan Cinta Alam ketimbang Gadget

Bijak Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:55 WIB
header img
Foto: Pixabay

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Penggunaan gadget pada anak tanpa pengawasan menjadi kekhawatiran tersendiri. Sehingga orangtua perlu memberikan batasan secara bijak pada anak tentang penggunaan gadget.

Ahli psikologi Ihwan Saputro menjelaskan, pembatasan penggunaan gadget pada anak sangat penting karena dapat melatih daya kontrol diri anak dengan memberikan peraturan sederhana sebelum menggunakan gadget.

"Sebelum menggunakan gadget, anak dapat diberikan pilihan sederhana. Misal, anak dapat belajar setelah menggunakan gadget, atau anak harus membantu ibu menyapu sebelum mengakses gadget dan semacamnya. Hal tersebut merupakan latihan kontrol diri pada anak," kata Iswan Saputro dalam siaran Instagram @celebritiesdotid, Rabu, (3/8).

Iswan menambahkan, Kontro diri pada anak lebih kepada latihan menunda diri. Sehingga pemberian peraturan pada anak tentang penggunaan gadget juga harus menyesuaikan daya pikir anak yang sederhana. 

"Anak bukanlah orang dewasa, begitupun sebaliknya. Maka, pahami pola pikir anak terlebih dahulu sebelum memberikan rules, yang sederhana dulu baru perlahan ke yang lebih komples," pungkasnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut