get app
inews
Aa Read Next : Inul Daratista Menangis gegara Bisnis Karaoke Makin Sepi Pengunjung

Waw! Pariwisata Indonesia Kini Bisa Disaksikan Lewat Metaverse

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:56 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno meluncurkan WonderVerse. Foto: Kemenparekraf

JAKARTA,iNewsSemarang.id- Kemenparekraf RI resmi meluncurkan platform WonderVerse, hasil kerjasama dengan PT Magnus Digital. Platform tersebut menghadirkan teknologi metaverse.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, WonderVerse menjadi kanal yang dapat mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif. Ini menjadi penciptaan pertama dalam mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.

“Tentunya ini langkah awal di mana semua aspek ekonomi kreatif, 13 sub sektor pariwisata dan 17 subsektor ekonomi kreatif akan kita tampilkan dan  ini sangat dinamis,” kata Sandiaga Uno, Rabu (17/8/2022), usai penandatanganan kerjasama.

“Tahun 2026 seperempat penduduk dunia menghabiskan paling tidak satu jam sehari di metaverse. Jadi kita ingin mempersiapkannya dari sekarang,” ujarnya lagi.

Tujuan dari proyek ini, selain mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, juga mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mempromosikan produknya secara digital.

 CEO Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman berharap, dengan adanya WonderVerse Indonesia dapat menjadi wadah bagi Kemenparekraf untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia dan menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia.

“And last but not least, memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif, “ kata Hendra.  

Sebagai informasi, platform WonderVerse Indonesia memberikan kemudahan untuk diakses di mana saja melalui perangkat desktop. Hal ini semakin membuka peluang bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Namun perlu diingat,  untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk perangkat elektronik yakni koneksi internet dengan kecepatan minimum 25 Mbps.

 

WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau disebut dengan nama “land” yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan. Dalam land ini terdapat berbagai keanekaragaman yang bisa dinikmati, antara lain:

1.Lobby    
Di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia serta layar lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruan apa saja yang akan datang.
 2. WonderFUN Land    

Segala games khas Indonesia serta hiburan seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, dan sebagainya.
 3.WonderGoods Land  

Pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.
 4. WonderREAL Land    

Pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan. (mg)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut