get app
inews
Aa Read Next : Penghormatan untuk Jenderal Ahmad Yani, Yonif 400 BR Bersihkan Monumen Bersejarah di Tegal

5 Kisah Penyelamatan Heroik, Nomor 1 Evakuasi 33 Penambang Bawah Tanah yang Terjebak 65 Hari

Minggu, 21 Agustus 2022 | 15:00 WIB
header img
Suasana pekerja tambang bawah yang terjebak selama 65 hari. foto : tangkapan layar Film The 33

 

Banyak kisah aksi heroik dalam evakuasi penyelamatan sebuah musibah dari berbagai belahan negara di dunia. Tim Penyelamat berjuang maksimal menyelamatkan nyawa manusia  yang terkena musibah. Meskipun,  terkadang nyawa menjadi taruhannya.

 

Tak hanya tim penyelamat saja, tapi juga ada kisah dramatis lainnya dari seorang karyawan kereta api di Meksiko yang menyelamatkan penduduk kota dari ancamana kebakaran dahsyat. Meskipun,  nyawanya pada akhirnya harus dikorbankan. Kisah-kisah heroik itu sampai mendapat sorotan di dunia dan beberapa difilmkan.

 

Berikut lima kisah penyelamatan dramatis  dalam bencana  yang dirangkum dari berbagai negara  di dunia: 

 

1.Penyelamatan penambang yang terjebak di tambang bawah tanah Cile selama dua bulan

Pada tahun 2010, sebanyak 33 orang penambang Cile terjebak di bawah tanah selama 68 hari. Ajaibnya, mereka semua berhasil diselamatkan.  Peristiwa bermula saat poros tambang tembaga itu tiba-tiba ambruk. Tim penyelemat yang mendapatkan laporan segera bergegas melakukan tugasnya.  Sayangnya, galian lainnya pun ikut roboh ketika tim berusaha mengeluarkan pekerja tambang. Akhirnya, proses penyelamatan berlanjut dengan cara dibor dan memasukkan alat seperti kapsul. Para penambang yang terjebak hanya bisa berkomunikasi dengan dunia luar lewat lubang yang dibuat tim penyelamat. Mereka semua berharap tidak terjadi longsong susulan.  Hingga akhirnya, semua penambang berhasil dievakuasi dengan selamat. Kisah dramatis ini difilmkan dengan judul The 33.

 

2. Balita 18 bulan yang terjebak di dasar sumur selama 58 jam 

Peristiwa yang menimpa Jessica McClure ini terjadi pada 1987. Dia tak sengaja melangkah ke dalam sumur yang sudah lama tidak terpakai di rumah bibinya.. Upaya penyelamatan tidak dapat dilakukan secara langsung. Akibatnya, balita itu berada di dalam sumur selama 58 jam atau sekitar tiga hari.  Selama hampir tiga hari tersebut, tim penyelamat terus mencari cara terbaik buat mengeluarkan Jessica dari dasar sumur. Mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan pengeboran di sebelah sumur tempat Jessica terjebak.  Evakuasi Dramatis Selanjutnya, petugas membuat terowongan untuk menyelamatkannya. Beruntung Jessica berhasil dieveakuasi. Sayangnya, dia terpaksa kehilangan jari kakinya karena terjadi pembusukan luka selama terjebak.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut