get app
inews
Aa Read Next : Kutukan Sultan Pajang dan Ratu Kalinyamat Bagi Bupati Kendal Hanya Satu Periode, Mitos atau Fakta?

Benarkah Ngorok Tanda Seseorang Tidur Pulas? Begini Kata Dokter

Kamis, 01 September 2022 | 20:06 WIB
header img
Tidur ngorok. Foto: Raleigh capitol

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mendengkur atau ngorok merupakan kebiasaan yang dipahami oleh masyarakat sebagai keadaan seseorang yang sedang tertidur nyenyak atau pulas. Namun, hal tersebut ternyata adalah suatu pemahaman yang salah. Ngorok tanda tidur dengan pulas adalah mitos.

Seorang ahli Kesehatan dr Selfiyanti, menjelaskan jika mengorok hanya sesekali, menurutnya tidak masalah, namun perlu diwaspadai. Tidur ngorok merupakan gangguan jika dalam waktu yang lama dan bila mengalami gangguan pernafasan.

"Ngorok itu kalau tempo-tempo saja, nggak tiap hari itu sebenarnya nggak apa-apa. Tapi yang jadi masalah kalau ngoroknya sering, atau lama suaranya besar bahkan berhenti nafasnya yang harus diwaspadai apalagi kalau terus menerus," ujar dr. Selfiyanti Said, M.Kes, SpTHT-KL, Dokter Spesialis THT dalam siaran langsung di Instagram Okezone.com Kamis (1/9/2022).

"Ngorok itu pertanda pulas itu mitos ya. Kalau hampir setiap hari ngorok, harus diwaspadai," tegas dr. Selfiyanti.

Sebagaimana diketahui, mendengkur disebabkan karena terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. Penyempitan ini memicu getaran pada saluran pernapasan ketika tidur, sehingga menimbulkan suara dengkuran.

Semakin terhalang saluran pernapasan, makin keras pula suara dengkuran. Suara tinggi ini, menurut dr Selfiyanti jadi salah satu tanda gangguan dan harus diperiksakan ke dokter.

Ditambah bila mudah merasa lelah atau tertidur tanpa sebab, hingga gangguan pernafasan saat tidur.

"Kalau merasa ngorok sudah mengganggu pasangan yang sebelahnya. Kemudian ada henti nafas, dan mudah capek, atau kurang konsentrasi dan saat beraktivitas mudah capek atau tidur, seperti saat menyetir, harus dilakukan pengecekan kesehatan ke dokter," pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut