get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Sebut Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng, Ini Alasannya

Mitos Gunung Slamet dalam Ramalan Jayabaya: Ada Kerajaan Gaib hingga Pos 4 yang Angker

Minggu, 18 Februari 2024 | 12:30 WIB
header img
Eksotisme Gunung Slamet yang melintasi lima kabupaten di Jateng, yaitu Purbalingga, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Banyumas ini menyimpan cerita ramalan Jayabaya. (foto @slametmountain)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Eksotisme Gunung Slamet yang melintasi lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Purbalingga, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Banyumas ini menyimpan cerita ramalan Jayabaya

Jayabaya merupakan Raja Kediri di masa lalu yang terkenal dengan ralamannya. Ramalan terkenal dari Jayabaya, bahwa Pulau Jawa akan terbelah untuk kedua kalinya. Mitos ini terkait erat dengan aktivitas vulkanis Gunung Slamet.

Meski belum dapat dibuktikan, mitos ini tetap melekat di kalangan warga di sekitar lereng Gunung Slamet seperti dikutip iNews. Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 mdpl menarik perhatian karena posisinya yang hampir tengah-tengah antara pantai utara dan selatan Jawa.

Keyakinan bahwa letusan Gunung Slamet akan membentuk parit menghubungkan pantai utara dan selatan Jawa terus berkembang di kalangan warga Banyumas dan sekitarnya, dikaitkan dengan ramalan Jayabaya.

Gunung Slamet tetap menjadi destinasi menarik bagi para pendaki, meski medannya cukup sulit. Kaki Gunung Slamet terletak di kawasan wisata Baturraden, yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut