get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, beserta Penjelasan Strukturnya

Sabtu, 03 September 2022 | 08:23 WIB
header img
Kumpulan contoh teks laporan hasil observasi lengkap dengan pejelasan strukturnya. Ilustrasi/iNewsSemarang.id

Kumpulan contoh teks laporan hasil observasi ini dapat menjadi referensi para siswa dalam memahami pelajaran bahasa Indonesia.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada pembahasan teks laporan hasil observasi [link ke artikel sebelumnya] sebelumnya, bahasan ini akan sangat bermanfaat dalam penyusunan sebuah kesimpulan setelah melakukan kegiatan pengamatan terhadap suatu peristiwa maupun benda.

Sebagai prasyaratnya, teks jenis ini juga harus bersifat objektif, yakni disajikan sesuai dengan keadaan objek yang sebenarnya di lapangan, tanpa dipengaruhi pandangan atau pendapat pribadi.

Selain itu, teks laporan hasil observasi bersifat universal, dengan kata lain teks jenis ini tidak mengandung tendensi atau memihak kepada pihak tertentu.

Adapun mengenai struktur laporan hasil observasi disusun dari tiga bagian yakni pernyataan umum/ definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.

Dilansir dari berbagai sumber, iNewsSemarang, Sabtu (3/9/2022) telah merangkum contoh teks laporan hasil observasi, sebagai berikut.

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Merujuk pada e-Modul Bahasa Indonesia Kelas X oleh Ipa Ratna Mutiara, teks laporan hasil observasi merupakan teks yang mengandung penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari observasi (pengamatan). Teks laporan observasi juga dikenal sebagai teks klasifikasi, sebab memuat klasifikasi mengenai jenis - jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Penjelasan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

a. Pernyataan Umum (Klasifikasi)

Bagian ini mengandung tentang informasi atau pengertian mengenai sesuatu yang dibahas atau hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Pernyataan umum dapat dimaknai juga sebagai pembuka karangan secara umum dengan menjelaskan penggolongan atau klasifikasi tentang objek yang hendak dilaporkan.

b. Paragraf yang Terdiri Anggota (Aspek yang Dilaporkan/Deskripsi Bagian)

Bagian ini mengandung penjelasan secara rinci mengenai informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil pengamatan.

c. Deskripsi Manfaat

Deskripsi manfaat mengandung berbagai segi manfaat sekaligus beberapa sifat khusus dari objek yang dilaporkan. Pada deskripsi manfaat, umumnya penulis juga menyajikan suatu simpulan yang mewakili seluruh informasi dari teks laporan hasil observasi.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut