get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

Perbedaan Kalimat Simpleks dan Kompleks, Lengkap dengan Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Rabu, 14 September 2022 | 18:09 WIB
header img
Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks. Ilustrasi Picjumbo.com

Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks akan dibahas secara tuntas dalam artikel ini. Penjelasan yang akan disertai contoh diharapkan dapat memudahkan para siswa memahami salah satu bahasan dalam pejalaran Bahasa Indonesia ini.

Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kompleks. Untuk lebih jelasnya, pengertian dari kalimat simpleks dan kompleks akan dipaparkan sebagai berikut:

Pengertian Kalimat Simpleks

Kalimat simpleks yaitu kalimat tunggal yang hanya terdiri dari satu struktur dengan satu verba utama. Atau dengan kata lain, kalimat simpeks adalah kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat.

Kalimat ini dicirikan dengan kalimat yang dapat berbentuk Subjek (S) - Predikat (P), S-P-Objek (O), S-P-O-K (Keterangan) atau S-P-O-K-Pelengkap. Umumnya, kalimat simpleks hanya terdapat satu kejadian saja.  

Pengertian Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih. Kalimat kompleks diartikan sebagai kalimat yang telah mengalami perluasan dengan cara penambahan fungsi keterangan maupun perluasan pada fungsi-fungsinya.

Kalimat kompleks atau disebut juga sebagai kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terdiri atas klausa utama dan klausa subordinatif.

Klausa utama biasa disebut induk kalimat, sedangkan klausa subordinatif disebut juga sebagai anak kalimat.

Dalam struktur kalimat, klausa utama bisa berdiri sendiri sebagai kalimat lepas dan klausa subordinatif tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat mandiri.

Dengan kata lain, anak kalimat selalu bergantung pada induk kalimat. Sama seperti kalimat majemuk, kalimat kompleks sebagian besar ditandai dengan kata penghubung atau yang juga disebut konjungsi.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut