get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raja Sriwijaya Samaratungga dan Sejarah Pembangunan Candi Borobudur

6 Misteri Candi Borobudur yang Tak Diketahui Banyak Orang, Ada Relief Sensitif yang Disembunyikan

Rabu, 14 September 2022 | 20:15 WIB
header img
Candi Borobudur (Foto: doc. Sindonews)

4. Jam Raksasa

Candi Borobudur memiliki misteri mengenai jam raksasa. Candi ini memiliki 72 stupa dengan bentuk lonceng terbalik. Stupa utama berada di tengah yang berfungsi untuk jarum jam, kemudian stupa kecil di sekelilingnya sebagai penanda.

Cahaya sinar matahari menciptakan bayangan stupa besar dan melewati stupa di bawahnya. Namun, masih belum diketahui secara pasti membaca waktu di jam raksasa ini.

5. Mitos Kunto Bimo

Candi Borobudur terdapat sejumlah stupa berlubang yang di dalamnya ada arca Kunto Bimo dengan bentuk Dharmachakra. Mitos yang beredar meyakini menyentuh patung tersebut lewat lubang stupa, seluruh keinginannya akan tercapai atau menjadi beruntung. Bagi pria, disarankan menyentuh jari kelingking sedangkan perempuan disarankan menyentuh jari kaki.

Kunto dalam bahasa Jawa berarti 'ngento-ento' atau permintaan dan Bimo merupakan Bima yang merupakan salah satu tokoh Pandawa memiliki sifat pantang menyerah. Secara menyeluruh, Kunto Bimo memiliki arti, yaitu permintaan pantang menyerah dan berharap mendapatkan hasil.

 

Namun, Mitos ini diduga hanya akal-akalan oknum petugas candi pada 1950-an. Seorang Arkeolog bernama R. Soekmono yang sempat memimpin proyek pemugaran candi pada 1971-1983 menyebutkan mitos ini tidak berkaitan dan tidak diajarkan dalam agama Buddha.

6. Ukiran Mirip UFO

Mitos Candi Borobudur berikutnya, yakni terdapat relief yang menggambarkan penampakan mirip UFO atau piring terbang. Namun, belum bisa dipastikan mengapa dibuat pola seperti itu.

Kemungkinan ini simbol UFO atau bisa juga simbol lain. Sejumlah ahli berpendapat, piring terbang tersebut menjadi simbol dari tujuh permata kerajaan dalam kosmologi Buddha.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut