Logo Network
Network

6 Misteri Candi Borobudur yang Tak Diketahui Banyak Orang, Ada Relief Sensitif yang Disembunyikan

Tri Erysandi
.
Rabu, 14 September 2022 | 20:15 WIB
6 Misteri Candi Borobudur yang Tak Diketahui Banyak Orang,  Ada Relief Sensitif yang Disembunyikan
Candi Borobudur (Foto: doc. Sindonews)

MAGELANG, iNewsSemarang.id - Candi Borobudur masih menyimpan beberapa misteri  yang belum terungkap. Candi Budha terbesar di dunia ini ditemukan kali pertama oleh Sir Thomas Stamford Raffles 1814, salah seorang gubernur jenderal Inggris yang kala itu memerintah di Jawa.

Satu dari tujuh keajaiban dunia ini diperkirakan dibangun selama 100 tahun, namun sampai saat ini masih belum dapat dijelaskan bagaimana candi ini dibangun.

Hasil penelitian arkeolog menunjukkan, awalnya candi ini mempunyai satu stupa raksasa di tengahnya. Khawatir runtuh karena tekanan yang terlalu berat, stupa tersebut kemudian diubah menjadi satu stupa berukuran besar dengan 3 tingkat stupa kecil di sekitarnya.

 

Berikut 6 Misteri yang menyelimuti Candi Borobudur:

1. Danau Purba Candi Borobudur

Kabar yang beredar, dulunya sebelum Candi Borobudur dibangun, wilayah ini merupakan bekas danau purba. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jenjang S3 Departemen Geografi, Universitas Gadjah Mada, Helmy Murwanto.

Menurutnya danau purba tersebut sudah berusia 10.000 tahun. Dia memperkirakan, danau itu terbentuk saat zaman pleistosen. Helmy juga mengatakan, danau purba ini menghilang disebabkan oleh pendangkalan yang terjadi secara alamiah.

Pendangkalan tersebut dapat diteliti dari material penutup endapan danau terbentuk hasil aktivitas vulkanis, gerakan massa tanah dan batuan serta tektonis.

2. Relief Tersembunyi

Candi Borobudur memiliki relief tersembunyi di kaki candi yang dikenal dengan sebutan Karmawibhangga. Relief ini menggambarkan hal yang sensitif seperti, adegan kriminal, mulai dari pemerkosaan, pembunuhan, sampai aktivitas kekerasan. Tak ada yang mengetahui mengenai relief tersebut disembunyikan.

Guru besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Indonesia, Edi Sedyawati juga mengatakan, relief ini menggambarkan kehidupan manusia sebelum beradab. Hal ini bisa saja terjadi pada masa candi tersebut dibangun. Namun, alasan relief Kamadhatu ditimbun masih diperdebatkan hingga saat ini.

3. Singa Urung

Terdapat patung berwujud singa yang berada di sebelah kiri dan kanan tangga masuk candi. Singa Urung dalam bahasa Jawa berarti harimau gagal, memiliki mitos yang cukup menyeramkan.

Menurut mitos yang beredar, jika ada pengunjung yang menaiki patung itu dan berkata kasar, dia akan didatangi oleh singa tersebut dan selalu dihantui dalam mimpi.

Mitos lain dari Singa Urung, yaitu jika sepasang kekasih melewati antara dua arca tersebut, hubungan mereka akan kandas, gagal atau ‘urung’ dalam bahasa Jawa.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini