Logo Network
Network

Bangun Sinergi Antar Lembaga, FISIP UIN Walisongo Inisiasi Kerjasama dengan KPU Provinsi Jateng

Arni Sulistiyowati
.
Rabu, 28 September 2022 | 07:47 WIB
Bangun Sinergi Antar Lembaga, FISIP UIN Walisongo Inisiasi Kerjasama dengan KPU Provinsi Jateng
FISIP UIN Walisongo Semarang mengadakan kunjungan resmi ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang, mengadakan kunjungan resmi ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022). Pada kesempatan tersebut kedua pihak sepakat untuk segera merealisasikan kerjasama dalam beberapa bidang.

Kunjungan yang dilakukan tersebut merupakan ajang mempererat silaturrahim sekaligus tindak lanjut atas kegiatan Rapat Koordinasi Desa Partisipatif dan Pendidikan Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh Fisip UIN Walisongo pada bulan Juni 2022 di Bandungan. Fisip UIN Walisongo Semarang juga berencana membangun sinergi antar lembaga salah satunya dengan melakukan inisiasi kerjasama kepada pihak KPU Provinsi Jateng

Salah satu komisioner yang mewakili Ketua KPU, Henri Wahyono mengungkapkan jika pihaknya menyambut baik inisiasi kerjasama yang dilakukan oleh FISIP UIN Walisongo.

"Sinergi seperti ini memang sangat dibutuhkan. Kampus, melalui dosen dan mahasiswanya, diharapkan dapat berkontribusi memberikan warna dan inovasi bagi program-program kegiatan yang menjadi tupoksi KPU utamanya terkait dengan penyelenggaraan Pemilu, khususnya Pemilu serentak tahun 2024," kata Henri. 

Henri berharap adanya sinergi tersebut dosen dan mahasiswa dapat membantu melakukan sosialisasi dan edukasi tentang urgensi dari Pemilu. 

"Diantara kegiatan yang sangat mendesak untuk dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi tentang Pemilu, khususnya untuk kalangan pemilih pemula dan mahasiswa," imbuhnya. 

Pihak KPU secara khusus juga menyampaikan prosedur Perjanjian Kerjasama yang diawali dengan Nota Kesepahaman (MoU) yang dapat dilakukan dengan pihak KPU Jawa Tengah setelah adanya persetujuan dari KPU Pusat. Dan pada momen tersebut, FISIP UIN Walisongo Semarang dan KPU Provinsi Jateng keduanya sepakat untuk segera merealisasikan kerjasama dalam beberapa bidang, meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Dekan 3 FISIP UIN Walisongo Semarang, Moh Khasan dalam pengantarnya menyampaikan bentuk-bentuk inisasi program yang akan direalisasikan dalam kesepakatan tersebut.

"Kegiatan yang diinisiasi untuk dapat direalisasikan dalam kesepakatan tersebut antara lain berupa Magang, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata Tematik, Penelitian Kolaboratif, kegiatan MBKM, serta Visiting Lecturer," paparnya.

Sementara itu, pihak KPU juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu sebagai KPPS, maupun PPS dan PPK. Keterlibatan mahasiswa dalam penyelenggaraan Pemilu diharapkan dapat memberikan edukasi tentang proses penyelenggaraan Pemilu secara utuh sehingga potensi untuk disalahpahami menjadi semakin kecil.

Sinergi antar lembaga ini diharapkan dapat mempererat tali silaturrahim kedua lembaga di masa yang akan datang. Selain itu kerjasama ini akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa maupun dosen untuk meningkatkan produktivitasnya melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama lembaga-lembaga yang memang memiiliki concern yang kuat dengan kompetensi keilmuan dipelajari, salah satunya KPU Provinsi Jawa Tengah. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.