get app
inews
Aa Read Next : Pangdam Diponegoro Sampaikan Pesan Panglima TNI ke Prajurit: Hati-hati dan Teliti dalam Bertindak!

Gelar Investigasi Soal Prajurit Penendang Aremania, Panglima TNI Pastikan Pelaku Dijerat Pidana

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:31 WIB
header img
Anggota TNI menendang suporter Arema di Stadion Kanjuruhan, Malang. Foto: Tangkapan layar video

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Viral sebuah video yang memperlihatkan anggota TNI melakukan tindak kekerasan saat pengamanan laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). Prajurit itu terlihat menendang suporter Arema dari belakang namun tindakan tersebut bukan dalam rangka membela diri.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan jika pihaknya telah melakukan investigasi dan akan menjerat anggota TNI yang menendang suporter Arema dari belakang.

"Ya kita sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kita lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? karena memang yang viral itu, itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan," kata Andika di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Jenderal Andika menegaskan kasus ini bukan soal disiplin lagi, melainkan sudah masuk tindak pidana.

"Jadi kita tidak akan mengarah pada disiplin, tidak, tetapi pidana. Karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau misalnya bukan. Itu termasuk bagi saya masuk ke tindak pidana," katanya. 

Meski demikian, Andika belum dapat memastikan anggota TNI itu berasal dari satuan mana. Andika meminta waktu hingga Selasa (4/10/2022) sore besok untuk mengungkap pelaku dalam video viral tersebut. 

"Ya kita satuan akan telusuri dulu. Biarkan kami tuntaskan sampai dengan besok sore. Kita janji," kata Andika. 

Andika juga meminta masyarakat melapor jika ada lagi prajuritnya yang melakukan tindak kekerasan. Masyarakat katanya bisa mengirimkan bukti video melalui Pusat Penerangan TNI.

"Kami juga sambil menunggu nih apabila ada video-video lain yang bisa dikirim ke kami, siapa tahu ada penonton yang saat itu juga mengambil video yang bisa jadi bahan melengkapi investigasi dan proses hukum. Ke Puspen boleh, ke saya boleh," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyoroti ada anggota TNI yang melakukan kekerasan saat pengamanan Arema FC vs Persebaya, Sabtu lalu. Mahfud meminta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meneliti dan bertindak cepat merespons hal tersebut.

"Kepada Panglima TNI juga diminta melakukan tindakan cepat sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Mahfud.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut