get app
inews
Aa Read Next : Kumpulan Contoh Pidato Bahasa Inggris dalam Berbagai Tema beserta Terjemahannya

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris, beserta Struktur Penulisannya

Minggu, 09 Oktober 2022 | 11:50 WIB
header img
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris lengkap dengan struktur penulisannya. Ilustrasi: iNewsSemarang.id

Contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris atau job application letter diperlukan ketika kamu hendak melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga asing. Namun tak jarang pula, perusahaan lokal yang meminta pelamar mengirimkan lamaran kerja bahasa Inggris.

Ya, kemampuan bahasa Inggris saat ini penting dalam dunia kerja. Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris pelamar, diantaranya dinilai dari lamaran pekerjaan.

Karena itu, beberapa contoh yang akan diulas di sini dapat menjadi referensi kamu dalam menulis job application letter. Awas, jangan sampai salah ketik atau salah penulisan ejaan, karena kesalahan kecil pun akan menjadi catatan bagi pihak perekrut.

Sebelum ke contoh, akan dibahas lebih dulu cara menulis lamaran kerja berbahasa Inggris.

1. Struktur Surat Lamaran Pekerjaan atau Job Application Letter

Inilah struktur application letter yang bisa kamu gunakan:

- Heading atau kepala surat. Di bagian ini kamu bisa menuliskan tanggal pembuatan surat, alamat perusahaan, serta informasi tentang kontak pengirim atau penulis surat.

- Opening greeting, berisi salam pembuka. Contohnya: Dear Mr John

- Introduction, paragraf pembuka yang berisi penjelasan tentang posisi yang ingin kamu lamar, serta darimana kamu mendapatkan informasi lowongan tersebut.

- Body atau isi. Pada bagian ini kamu bisa menjelaskan kualifikasi pendidikan, pengalaman, serta keterampilan yang kamu miliki terkait posisi yang hendak kamu lamar. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pencapaian apa saja yang pernah kamu dapatkan.

- Conclusion atau kesimpulan. Pada bagian ini kamu bisa mengatakan harapanmu pada perusahaan yang dilamar, seperti berharap agar dihubungi kembali oleh pihak perusahaan untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

- Closing atau penutup. Dalam bagian ini, kamu perlu menuliskan ucapan terima kasih dan cantumkan nama lengkap kamu setelah salam penutup.

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan atau Job Application Letter

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak contoh application letter berikut ini.

Contoh Job Application Letter #1

Semarang, August 9th 2022

Attention To : Human Resources Department
PT. Media Jaya
Jalan Satria No. 13
Semarang

Dear Sir/Madam,
I have read your advertisement at social media account and found that your company is looking for employees for an Engineer position. And I believe it fits with my educational background as Computer Engineering.

My name is Andhika, I am twenty three years old. I graduated from the Computer Engineering Department UMY in November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist.

I consider myself to be as qualified as you want. I have good motivation for progress and growth, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

With my qualifications, I am confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
Academic Transcript
Curriculum Vitae
Recent photograph with size of 4×6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,

Andhika

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut