get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Buka Kompetisi Sains, Menag Yakin Siswa Madrasah Mampu Jawab Tantangan Global

Senin, 10 Oktober 2022 | 13:40 WIB
header img
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, Senin (10/10/2022). Foto : Kemenag

JAKARTA, iNewsSemarang.idKementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022  yang dimulai Senin (10/10/2022). Olimpiade sains itu diikuti sebanyak 446 siswa yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kompetisi sains resmi dibuka Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Menag sangat mengapresiasi penyelenggaraan KSM.

“Ini menjadi bukti siswa madrasah telah berevolusi dari institusi tradisional menjadi sekolah berciri khas Islam yang andal dalam ilmu dan tekonologi,” ujarnya.

Prestasi anak madrasah, bukan hanya muncul dari madrasah perkotaan saja tetapi juga jauh dari Ibu Kota kabupaten atau provinsi.

"Maka negara harus hadir dalam menyalakan iklim kompetisi yang kuat dan sportif," ucapnya dalam sambutan.

Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 dan persaingan antar bangsa akan semakin kuat. Bila madrasah mampu melahirkan generasi yang cerdas dan berkarakter maka mereka akan mampu menjawab tantangan global.

"Prestasi kalian adalah bahan bakar terbaik bagi negeri ini untuk bangkit kembali," ujar pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu.

Menag menjelaskan, selain dari madrasah,  kompetisi ini juga diikuti peserta dari sekolah umum.

"Hari ini, saya tahu yang ada di sini bukan hanya siswa-siswi madrasah, tapi juga anak-anakku sekalian yang berasal dari sekolah umum. Untuk itu, saya mengucapkan selamat datang. Kompetisi Sains Madrasah, bukan semata sebuah ajang untuk berkompetisi, tapi juga berkolaborasi untuk bersama-sama membangun negeri,”katanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut