Harris Kristanto adalah sosok di belakang kisah sukses brand kuliner Mie Gacoan yang mengusung konsep mie pedas dengan beragam level. Yang membuat kuliner Mie Gacoan menarik adalah varian menu mie pedas dengan baluran sambal cabe yang melimpah serta cita rasa gurih yang memanjakan lidah.
Rasa pedasnya semakin menonjol karena mie dan bumbu pedas digoreng dengan api panas. Bagi para pecinta makanan pedas, Mie Gacoan tentu menjadi kuliner wajib yang mereka cari.
Harris Kristanto sendiri merupakan pengusaha lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Ia menempuh pendidikan ini pada tahun 2007 hingga 2010.
Pria keturunan Tionghoa ini merupakan anak dari pasangan Rubin Salim dan Agustina. Ia memiliki tiga saudara yakni Winda Dwi Astuti, Vincent Jimanto, dan Joseph Kristanto. Ia juga sudah menikah dengan seorang wanita bernama Fiony Lie pada tahun 2016 silam.
Harris mengawali usaha Mie Gacoan ini di Malang. Bekerja sama dengan jasa pesan antar makanan seperti Grab, Gojek, dan ShopeeFood, Haris mulai mengembangkan bisnis kuliner mie pedas ini.
Terbukti, strategi bisnis yang dipilihnya ini mampu membuat bisnis kulinernya melejit hingga memperoleh keuntungan mencapai 40-50 persen. Bahkan, saat ini, Mie Gacoan telah memiliki cabang yang tersebar di lebih dari 20 wilayah dari Jawa sampai Bali.
Sementara itu, Mie Gacoan diperkirakan telah memiliki lebih dari 3.000 karyawan. Tahun ini, Harris menargetkan 5.000 karyawan dan 100 store Mie Gacoan di seluruh Indonesia.
Strategi Bisnis Mie Gacoan
Kesuksesan dan melejitnya popularitas Mie Gacoan hingga memiliki puluhan cabang di beberapa kota tentu tak luput dari strategi marketing yang diterapkan Harris Kristanto dan rekan-rekannya. Beberapa strategi bisnisnya antara lain sebagai berikut.
1. Harga Mie Gacoan yang Terjangkau
Dilihat dari harganya, Mie Gacoan dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Sebagai brand mi pedas yang terkenal, Mie Gacoan menyajikan berbagai varian mi dengan harga yang terbilang murah. Satu porsi Mie Gacoan hanya dibandrol dengan kisaran harga Rp10-20 ribu saja. Tak heran, mi pedas yang satu ini banyak diburu.
2. Branding Mie Gacoan sebagai Mi Pedas No.1
Mie Gacoan juga melakukan strategi branding yang baik yang sesuai dengan target marketnya. Dengan kualitas rasa yang terjamin, pelayanan yang baik, serta harga yang murah, Mie Gacoan melabeli dirinya sebagai ‘Mi Pedas No.1’ di Indonesia. Strategi inilah yang kemudian mendorong Mie Gacoan banyak diminati dari berbagai kalangan karena penasaran dan ingin mencoba.
3. Kedai Mie Gacoan yang Nyaman
Hal lainnya yang membuat Mie Gacoan banyak diburu penikmat kuliner pedas dari berbagai kalangan adalah tempat yang nyaman. Kenyamanan kedai tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Konsep outlet Mie Gacoan memang menyediakan tempat yang nyaman untuk ngobrol dan duduk santai. Outlet Mie Gacoan juga dilengkapi dengan wifi serta fasilitas colokan listrik sehingga enak untuk mengerjakan tugas. Inilah yang membuat Mie Gacoan banyak sangat populer di kalangan mahasiswa.
Itulah kisah sukses Mie Gacoan dan sejarah berdirinya hingga menjadi kuliner mi pedas nomor satu di Indonesia. Apakah Anda salah satu penikmat Mie Gacoan?
Editor : Sulhanudin Attar