get app
inews
Aa Read Next : Belum Buka Pendaftaran Bacabup, PDI Perjuangan Sudah Kantongi 2 Nama untuk Diusung di Pilkada Kendal

Mas Vino Ajak Warga Salatiga Kompak dan Tak Mudah Dipecah Belah

Selasa, 15 November 2022 | 14:18 WIB
header img
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Salatiga.(ist)

SALATIGA, iNewsSemarang.id - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, mengajak masyarakat Salatiga untuk senantiasa kompak agar tak mudah terpecah belah. Seruan ini disampaikan pria yang akrab disapa Mas Vino saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di aula kecamatan Tingkir Kota Salatiga, Senin (14/11/2022). 

Empat pilar MPR yang disosialisasikan meliputi, Pancasila, Undang -undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Kata Mas Vino, Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara harus dipedomani bersama. Artinya, menurut Vino , dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat harus saling menghormati dan menghargai sesama. 

"Dan yang paling penting, Pancasila sebagai ideologi negara nilai -nilainya jangan sampai musnah," kata Mas Vino.

Mas Vino menegaskan, wilayah NKRI yang terbentang dari Sabang sampai Merauke adalah utuh satu kesatuan yang wajib dipertahankan bersama.

"Jadilah masyarakat yang bertanggung jawab, jangan sampai terpecah belah. Dan dalam menyelesaikan masalah, utamakan musyawarah untuk mencapai mufakat", ajak Vino.

Menurut Vino, bangsa Indonesia lahir dari berbagai suku, agama, dan adat istiadat. Keberagaman ini, merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang harus dijaga sebagai sebuah kekuatan bangsa, bukan sebaliknya. Bhinneka Tunggal Ika yang artinya, berbeda-beda tapi tetap satu.

“Bapak dan ibu, mengamalkan nilai-nilai dari 4 pilar MPR dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ingatlah jatidiri bangsa kita, yakni gotong -royong,” ujar Vino.

Oleh sebab itu, Vino mengajak kepada semua masyarakat untuk terus menanamkan nilai-nilai empat pilar MPR ini dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk para generasi muda, sebagai penerus bangsa harus tetap semangat dalam belajar agar dapat menjaga keutuhan negara republik Indonesia yang kita cintai.

"Teruslah saling menghormati, menghargai dan bergotong-royong, bahu membahu mulai dari lingkungan kita masing-masing,” pungkas Vino.

Sementara ketua DPC PDI Perjuangan Salatiga, Dance Ishak Palit, yang hadir dalam sosialisasi empat pilar MPR RI, mengatakan baru saja bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan. Pahlawan mempunyai jiwa yang luhur, berjuang tanpa pamrih untuk mempertahankan bangsa Indonesia. 

“Jiwa luhur dan baik serta tulus dari pahlawan ini, harus kita warisi,” ujar Dance.

Dance menegaskan, empat pilar MPR harus ada dalam jiwa masyarakat Indonesia, untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. 

“Nilai-nilai Pancasila harus kita amalkan,” jelas Dance.

Camat Tingkir , Sulistiyono, pihaknya merasa terhormat karena Tingkir menjadi tempat diselenggarakannya acara sosialisasi empat pilar MPR RI’ dalam hal ini anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Mochamad Herviano. Ia berharap, sosialisasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

“Terima kasih kepada mas Vino, pak Dance, yang telah memilih Tingkir menjadi tempat sosialisasi empat pilar kebangsaan,” ujar Sulistiyono.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Tingkir Salatiga, ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan seputar empat pilar MPR.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut