get app
inews
Aa Read Next : 6 Destinasi Wisata di Wonosobo Wajib Dikunjungi saat Liburan, Sejuk dan Bikin Betah

Deretan 10 Desa Negeri di Atas Awan di Indonesia, 2 Ada di Jawa Tengah

Sabtu, 19 November 2022 | 13:40 WIB
header img
Potret Desa Sembungan Magelang diambil dari Puncak Sikunir. Foto : Instagram/abi tholib

JAKARTA, iNewsSemarang.id  - Indonesia menyimpan keindahan yang luar biasa, termasuk yang ditawarkan desa-desa yang berada di lereng gunung. Karena berada di atas ketinggian, pemandangan indah akan tersaji, karena bisa menyaksikan sejumlah gunung.

Desa-desa yang berada di lereng gunung sering dijuluki Negeri di Atas Awan karena keelokan destinasinya. Seperti cerita dalam film dongeng, negeri di atas awan ini memang benar-benar ada dan bisa menjadi pilihan untuk berwisata bersama keluarga.

Negeri di atas awan itu layak disematkan karena hamparan alam nan hijau berpadu dengan gulungan awan putih yang membentang cantik di depan mata. Selain itu, destinasi wisata ini juga sering diselimuti kabut yang biasanya datang menjelang sore.

 

Berikut 10 negeri di atas awan paling indah di Indonesia

 

1. Desa Sembungan, Jawa Tengah

Negeri di atas awan paling indah di Indonesia kedua ada Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa ini berada di ketinggian 2.105 mdpl.

Desa di Wonosobo ini menyimpan segudang wisata alam bak surga seperti Bukit Sikunir, Curug Sikarim, Gunung Pakuwojo, Gunung Seroja, dan Telaga Cebong. Sembungan merupakan desa wisata tertinggi di Pulau Jawa.

Dinamakan Desa Sembungan karena konon dulunya kawasan ini memang ditumbuhi oleh pohon sembung. Hamparan ladang persawahan, lembah-lembah nan hijau, dan telaga yang berada di tengah seakan-akan menyempurnakan keindahan alamnya.

Anda pun akan semakin takjub melihat perpaduan view awan putih dan perkebunan carica, sejenis pepaya gunung yang menjadi ciri khas Dataran Tinggi Dieng.

 

2. Desa Hargo Dalem, Jawa Tengah

Negeri di atas awan paling indah di Indonesia pertama yakni Desa Hargo Dalem. Desa ini terletak di Jawa Tengah khususnya  Gunung Lawu. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, salah satunya Hargo Dalem yang mempunyai ketinggian sekitar 3.265 meter diatas permukaan laut.

 

3. Desa Widoro, Jawa Timur

Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur juga masuk daftar negeri di atas awan paling indah di Indonesia. Desa ini memiliki bukit bernama Bukit Banyon.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Dari atas ketinggian 1.175 meter, Anda bisa menikmati eksotisme hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan gugusan-gugusan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek.

Berada di kawasan ini, seakan berada di negeri atas awan. Indahnya pemandangan Bukit Banyon, juga kerap dijadikan lokasi untuk foto. Di Bukit Banyon, Anda bisa menikmati tiga keindahan panorama sekaligus, yakni pemandangan saat matahari terbit, matahari tenggelam dan gulungan awan putih yang menyelimuti perbukitan Rejek Wesi, Banyon dan sekitarnya.

 

4. Desa Ranupani, Jawa Timur

Negeri paling indah di Indonesia berikutnya yaitu Desa Ranupani atau Ranu Pane. Desa ini terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Desa Ranupani juga merupakan tempat basecamp resmi pendakian Gunung Semeru. Lokasinya berada di ketinggian 2.100 mdpl.

Ranupani sebenarnya adalah sebuah nama danau kecil. Kemudian berdiri banyak pemukiman sehingga menjadi sebuah desa. Apabila kalian akan mendaki Gunung Semeru, maka kalian akan berada di desa tersebut.

Lokasinya sudah cukup tinggi dan tentu sangat dingin. Pendakian ke Semeru sendiri dapat dikatakan mudah-mudah sulit.

Dikatakan mudah, karena titik start sudah tinggi dan kita akan banyak berjalan di trek datar. Dikatakan sulit, karena trek ke puncak Semeru cukup panjang dan memakan waktu pendakian 2 hingga 3 hari.

 

5. Desa Argosari, Jawa Timur

Desa Argosari, Jawa Timur juga masuk daftar negeri di atas awan paling indah. Desa ini akrab dengan sebutan B29. B29 merupakan nama untuk sebuah puncak di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, yang tak jauh dengan jalur Ranupani Semeru.

Dari puncak ini, pendaki dapat melihat Gunung Bromo dan gunung di sekitarnya. Pemandangannya indah, seperti lukisan, ditambah dengan keberadaan Desa Argosari. Tak heran apabila pemukiman ini masuk dalam salah satu desa tertinggi di Indonesia, karena berada pada ketinggian 2.000 mdpl.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut