get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ratu Kalinyamat Dapat Bisikan Gaib Tinggalkan Pertapaan di Pegunungan Danaraja Jepara

Bareskrim Turun Tangan Bantu Ungkap Misteri Pembunuhan ASN Bapenda Semarang

Jum'at, 25 November 2022 | 15:36 WIB
header img
Suasana rumah duka Iwan Budi di Tembalang, Semarang, Rabu (21/9/2022). Foto: Ist

 

SEMARANG, iNewsSemarang.id –Bareskrim Polri memberikan atensi besar dalam pengungkapan kasus pembunuhan Iwan Budi Paulus, ASN Bapenda Kota Semarang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Komplnas) Benny Mamoto saat dalam kunjungannya di Semarang.

“Bareskrim Polri telah mendukung penyelidikan perkara ini melalui pendekatan-pendekatan ilmiah. Masih kami tunggu hasilnya, mudah-mudahan segera keluar hasilnya dan relevan,” Benny Mamoto usai mengikuti gelar perkara bersama penyidik Dirkrimum, Jumat (25/11/2022).

Benny mengatakan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turun tangan untuk memberikan supervisi penanganan kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang, Iwan Budi Paulus. Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto datang langsung ke Polrestabes Semarang, Jumat (25/11/2022).

Langkah itu dilakukan untuk memperoleh informasi secara langsung dari penyidik kepolisian maupun keluarga korban.

"Tadi sudah bertemu dengan keluarga korban dan kami sudah gelar perkara dengan tim dan bersama Dirkrimum Polda Jawa Tengah," kata Benny Mamoto.

Menurut dia, Kompolnas sudah memperoleh berbagai informasi, termasuk memberikan masukan penanganan kasus tersebut. Dia menegaskan Kompolnas siap membantu jika memang dalam pelaksanaan penyelidikan terdapat kendala.

Hal lain yang akan dilakukan Kompolnas, kata dia, berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang dilibatkan dalam penanganan perkara ini.

Sebelumnya, sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 8 September 2022.

Bersama dengan jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Budi tersebut ditemukan papan nama identitas serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Budi Paulus.

Iwan Budi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi sertifikasi aset.

Dalam penyelidikan perkara ini, Polisi Militer Kodam IV Diponegoro juga memeriksa dua oknum TNI diduga terkait dengan peristiwa pembunuhan tersebut.

Namun, Pomdam IV Diponegoro belum memiliki bukti permulaan yang cukup tentang keterlibatan dua oknum TNI tersebut dalam kasus dugaan pembunuhan ASN Pemkot Semarang Iwan Budi Paulus, yang jasadnya ditemukan terbakar di kawasan Pantai Marina Semarang. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut