get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Pemkot Semarang Sabet 2 Penghargaan di Ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards

Jum'at, 25 November 2022 | 17:02 WIB
header img
Plt Wali Kota Semarang Mbak Ita didampingi Kadinkes dr Hakam menerima penghargaan dua kategori dalam inovasi kesehatan di ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) 2022.

SEMARANG,iNewsSemarang.id – Pemerintah Kota Semarang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus di ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) VI di Djakarta Teater, Kamis (24/11) malam.

Pengharagaan diberikan untuk kategori Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui program Pelangi Nusantara (Pelayanan Gizi dan Penyuluhan Kesehatan Anak serta Remaja) dan kategori Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan melalui program Gempol Primadona.

Gempol Primadona merupakan kependekan dari Gerakan Puskesmas Poncol Perangi HIV AIDS Dan IMS Dengan Koordinasi Lintas Sektor Dan Swasta.

 “Alhamdulillah hari ini saya bersama teman-teman Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Puskesmas mendapatkan penghargaan terkait Germas yaitu Pelangi Nusantara yang meraih diamond award yaitu penghargaan tertinggi,” ujar Pelaksana tugas atau Plt. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita seusai menerima penghargaan.

“Kemudian untuk platinum kami dapat pada kategori mutu pelayanan lewat Gempol Primadona. Tentu ini menambah semangat bagi teman-teman baik DKK maupun dari Puskesmasnya,” ucapnya lagi.

Total ada enam inovasi dari empat kategori kiriman Pemerintah Kota Semarang yang berhasil masuk ke dalam peringkat sepuluh besar dalam ajang penghargaan tersebut.

Pada kategori Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu ada DRILL EMERGENCY (Simulasi Kasus Kegawatdaruratan) dari Puskesmas Gunungpati dan Galaksi Bimasakti "Warga Dan Ambulan Hebat Dalam Aksi Menuju Safe Community” dari Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Kota Semarang.

Di kategori Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ada Batik Lurik (Basmi Jentik Kelurahan Resik) dari Puskesmas Gunungpati dan Pelangi Nusantara dari Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Sedangkan pada kategori Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan ada Gempol Primadona dari Puskesmas Poncol dan dari kategori Inovasi IT Kesehatan ada RONALDO (Robot Cerdas Layanan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang).

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah memanfaatkan Pelangi Nusantara dan pelayanan di Puskesmas Poncol. Ini akan menjadi inspirasi bagi puskesmas-puskesmas lainnya untuk berinovasi,”ujar Mbak Ita.

Mbak Ita juga sangat berterima kasih atas support dari Hendrar Prihadi yang saat ini menjadi kepala LKPP.  Raihan dua penghargaan ini tak lepas dari bantuan beliau sebelumnya.

“Matur nuwun kepada Pak Hendi. Kami masih butuh supportnya agar lebih baik dan penghargaannya semakin banyak,” tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut