Logo Network
Network

Tegas, FIFA Larang Fans Timnas Inggris Pakai Kostum Tentara Salib Masuk Stadion di Piala Dunia Qatar

Ahmad Islamy Jamil
.
Sabtu, 26 November 2022 | 19:56 WIB
Tegas, FIFA Larang Fans Timnas Inggris Pakai Kostum Tentara Salib Masuk Stadion di Piala Dunia Qatar
Penyerang Timnas Inggris Harry Maguire saat berusaha menekel pemain Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. FIFA melarang fans Inggris masuk ke stadion jika mengenakan replika kostum tentara salib. Foto : Twitter

DOHA, iNewsSemarang.idFIFA secara tegas melarang para pendukung Timnas Inggris masuk ke stadion yang menggelar pertandingan Piala Dunia 2022 jika masih mengenakan kostum replika tentara salib. Kostum tentara salib  dianggap telah menyinggung perasaan umat Islam di negara tersebut.

Dalam pertandingan Timnas Inggris sebelumnya, Para fans Inggris kerap terlihat menggunakan baju zirah imitasi, helm plastik, dan senjata mainan saat mendukung timnas kesayangan mereka selama bertahun-tahun.

Hal itu rupanya juga terciduk saat fans menyaksikan pertandingan di Piala Dunia Qatar 2022. Beredarnya gambar fans Inggris berpakaian tentara salib dalam laga negara itu melwan Iran di Doha, Senin (21/11/2022) lalu, yang  menuai kritik luas di dunia maya.

“Kostum ini dalam konteks (budaya) Arab atau Timur Tengah dapat dianggap ofensif sehingga (ini menjadi) alasan mengapa mereka tidak diizinkan di stadion,” kata juru bicara FIFA, seperti dikutip laman dari Alarabiyah, Sabtu (26/11/2022).

Bagi banyak orang Arab, kata “perang salib” mengingatkan mereka akan sejarah yang menyakitkan. Sebab, perang itu adalah invasi yang penuh kekerasan oleh kaum Nasrani yang berusaha merebut Yerusalem dan daerah sekitarnya di bawah pemerintahan Islam pada abad ke-11 hingga ke-13.

Isu seputar budaya dan hak asasi manusia telah menjadi topik yang diperdebatkan sepanjang pelaksanaan Piala Dunia tahun ini di Qatar. Beberapa penggemar Wales diperintahkan untuk melepas topi dengan warna pelangi komunitas LGBT pada pertandingan perdana timnas mereka melawan Amerika Serikat awal pekan ini

Tapi pada Kamis (24/11/2022), otoritas sepak bola Wales menyatakan, FIFA telah mengonfirmasi bahwa para pendukung dengan topi dan bendera berwarna pelangi diizinkan masuk ke stadion untuk pertandingan negara melawan Iran pada Jumat (25/11/2022), yang berakhir dengan kekalahan Wales 2-0. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini