get app
inews
Aa Read Next : Hari Tanpa Bayangan Akan Kembali Terjadi di Indonesia, Kapan?

BMKG: Sesar Lembang Bisa Picu Gempa hingga Magnitudo 7, Masyarakat Diminta Waspada

Rabu, 30 November 2022 | 16:13 WIB
header img
Peta sebaran sesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Foto : BMKG

Sementara jumlah yang terlewati Sesar Lembang itu sebanyak 20 desa yang terlewati dan dari desa tersebut memiliki beberapa fasilitas umum dan fasilitas pendidikan. Masyarakat di wilayah tersebut harus memahami mitigasi bencana sebelum bencana yang sebenarnya terjadi.

"Dari penelitian yang dilakukan para ahli, dampak robekan Sesar Lembang itu sekitar 500 meter ke kiri dan 500 meter ke kanan. Jadi sekitar 1 kilometer akan terdampak jika Sesar Lembang tersebut aktif," tuturnya.

Sebagai langkah preventif, lanjut dia, pihaknya telah mendorong sekolah-sekolah yang ada di zona Sesar Lembang untuk melakukan mitigasi bencana dengan pelatihan-pelatihan yang ada di wilayah terdampak dengan simulasi gempa.

Sudah ada beberapa sekolah yang sudah dilatih dan secara intensif diberikan sosialisasi. Serta membentuk desa tangguh untuk bisa memetakan situasi saat bencana terjadi. Termasuk sudah mulai memetakan titik-titik lokasi yang dikhawatirkan terdampak.

"Itu kita petakan jumlah desanya yang benar-benar kena, dan salah satu acuannya adalah dari peneliti LIPI," ucapnya. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut