Ukir Sejarah, 3 Wakil Asia Lolos Babak 16 Besar, Korea Selatan Susul Australia dan Jepang

maulana yusuf
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 15:18 WIB
Skuad Timnas Korea Selatan merayakan lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan Portugal 2-1. Foto : Reuters

DOHA, iNewsSemarang.id  - Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022. Tiga wakil dari Asia untuk pertama kalinya berhasil ukir sejarah dengan  lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 yakni Australia, Jepang dan Korea Selatan. Korsel menjadi negara terakhir yang lolos dari fase grup.

Tim berjuluk Taeguk Warriors itu lolos dramatis usai menang 2-1 atas Portugal pada matchday terakhir Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Sempat tertinggal lewat gol cepat Ricardo Horta di menit kelima. Akan tetapi, tim asuhan Paulo Bento itu berhasil comeback lewat gol Kim Young-gwon (27) dan Hwang Hee-chan (90). Korsel pun berhak mendapat satu tiket sisa menuju babak 16 besar.

Dikutip dari Squawka, Sabtu (3/12/2022), untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, tiga negara dari AFC lolos ke babak 16 Besar. Bahkan, Asia memiliki lebih banyak perwakilan daripada Amerika Selatan yang hanya menyisakan dua wakil yakni Brasil dan Argentina saja.

Sebelum Korea Selatan, Australia lebih dulu memastikan tiket tersebut usai menjadi runner-up Grup D dan H  dengan jumlah enam poin. Tim yang dijuluki Socceroos utu menemani pemuncak klasemen grup tersebut, Prancis yang memiliki jumlah poin sama namun lebih unggul selisih gol.

Sementara itu, Jepang juga mengikuti jejak Australia. Tim Samurai Biru itu lolos ke babak 16 besar usai menjadi pemuncak Grup E dengan jumlah enam poin, di atas runner-up grup yakni Spanyol yang hanya mengoleksi empat poin. (mg arif)

 

Berikut daftar lengkap tim yang lolos 16 Besar Piala Dunia 2022:

 

Grup A: Belanda, Senegal

Grup B: Inggris, Amerika Serikat

Grup C: Argentina, Polandia

Grup D: Prancis, Australia

Grup E: Jepang, Spanyol

Grup F: Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Swiss

Grup H: Portugal, Korea Selatan

 

 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini