AS Akan Borong 100 Unit Pesawat Pengebom Siluman Terbaru B-21 Raider, Semua Negara Bisa Dijangkau

Anton Suhartono
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 22:24 WIB
Penampakan pesawat pengebom siluman B-21 Raider yang akan dibeli oleh Amerika Serikat. Pesawat ini mampu menjangkau seluruh dunia meningat kemampuan terbangnya. Foto : Reuters

WASHINGTON, iNewsSemarang.idAmerika Serikat (AS) berencana memborong 100 pesawat siluman pengebom terbaru B-21 Raider. Produsen alat pertahanan AS, Northrop Grumman,  meluncurkan pesawat pengebom terbaru B-21 Raider, Jumat (2/12/2022).

Pesawat berteknologi siluman itu mampu membawa bom nuklir maupun konvensional dan dapata menjangkau semua negara di dunia mengingat kemampuan terbangnya. Peluncuran B-21 Raider dilakukan di fasilitas Plant 42 milik Northrop yang terletak di Palmdale, California.

B-21 menggunakan sayap yang mirip pendahulunya, B-2. Pesawat ini memiliki kemampuan terbang jarak jauh serta memiliki fitur pengisian bahan bakar di udara.

Northrop mengklaim pesawat itu sebagai generasi keenam, mengingat kemampuannya yang bisa terhubung dengan pesawat lain. Selain itu pesawat ini bisa dipasangi dengan senjata-senjata masa depan dalam sistemnya.

General Manager Northrop Grumman Aeronautics Systems Doug Young menjelaskan, B-21 menggunakan material tahan lama serta lebih minim perawatan. Oleh karena itu biaya operasional pesawat tergolong efisien, di samping itu pesawat mampu beroperasi lebih lama.

Angkatan Udara (AU) AS berencana membeli setidaknya 100 unit pesawat ini untuk secara bertahap menggantikan pesawat pengebom B-1 dan B-2.

Northrop mendapat kontrak pembuatan pesawat pengebom terbaru pada 2015, mengalahkan Boeing dan Lockheed Martin.

Enam pesawat yang akan melakukan penerbangan perdana pada pertengahan 2023 dalam tahap perakitan. Lebih dari 8.000 orang dari Northrop Grumman, mitra industri, serta AU AS terlibat dalam program B-21 Raider.(mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini