Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia Jeblok, Imbas Kompetisi Liga 1 2022/2023 Disetop

Arif Purniawan
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 22:52 WIB
Skuad Timnas Indonesia sedang berlatih dalam TC di Bali. Foto : PSSI

GIANYAR, iNewsSemarang.id- Kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia terus digenjot dalam pemusatan latihan (TC) di Bali. Hal ini karena fisik Fachruddin Aryanto belum sesuai harapan. Kondisi pemain sangat kedodoran, karena imbas dari vakumnya Liga 1 2022/2023.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali sudah berlangsung sejak 28 November 2022 untuk persiapan mengikuti Piala AFF 2022. Kondisi pemain yang jauh dari kata ideal ini diakui oleh asisten pelatih Timnas Indonesia.

"Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur,” kata pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu.

“Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin. Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain," ujarnya lagi.

Diakuinya, kondisi fisik masih kurang, apalagi saat ini persiapan pendek. Saat ini  pelatih berupaya meningkatkan fisik pemain. Seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, pemusatan latihan sebelumnya juga sama dengan pemusatan latihan sekarang.

“Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina, " tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa saat ini memang diakui kondisi fisik pemain masih perlu peningkatan.

"Kita ketahui saat ini kondisi Liga 1 belum bergulir jadi pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai dari 28 November. Memang kondisi tersebut tidak ideal tetapi hal ini harus dijadikan motivasi untuk meraih hasil terbaik di ajang Piala AFF 2022 nanti," kata Iriawan.

Pada ajang Piala AFF 2022, Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina dan juara bertahan Thailand.

Laga perdana skuad Garuda akan menjamu Kamboja tanggal 23 Desember mendatang. Kemudian dijamu Brunei pada 26 Desember, lalu menerima kedatangan Thailand pada 29 Desember. Laga pamungkas Indonesia di grup A akan dijalani di kandang Filipina pada 2 Januari 2023.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini