get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih 2024-2029

Dorong UMKM Melek Digital, Gibran Biasakan Pedagang di Solo Transaksi Secara Nontunai

Minggu, 18 Desember 2022 | 06:32 WIB
header img
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertransaksi nontunai di sela-sela meninjau pameran UMKM di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (17/12/2022). Foto: Ist.

SOLO, iNewsSemarang.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berupaya membiasakan agar para pedagang di Kota Solo bertransaksi secara cashless atau nontunai. Hal tersebut digalakkan dalam rangka mendorong para pelaku UMKM di wilayahnya semakin melek digital.

“Kalo UMKM biasakan bayar cashless, mulai harus didorong ke situ,” kata Gibran saat meninjau pameran UMKM dalam acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Sabtu (17/12/2022). 

Diakuinya, Banyak pedagang dan pembeli yang belum terbiasa. Namun demikian, harus ada sedikit pemaksaan agar nantinya terbiasa bertransaksi secara nontunai. 

Gibran meminta agar setiap penyelenggaraan event di Kota Solo selalu melibatkan UMKM. Sejauh ini, perkembangan UMKM di Kota Bengawan menunjukkan grafik yang menggembirakan. Sementara, transaksi UMKM tertinggi dialami UMKM ketika penyelenggaraan event ASEAN Paragames. 

Regional CEO BRI Kanwil Yogyakarta, John Sarjono mengatakan, UMKM yang ikut dalam pameran berasal dari wilayah Soloraya. Pihaknya berkomitmen untuk membuat UMKM naik kelas.

“Ada 110 UMKM yang dihadirkan. Diharapkan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, khususnya perekonomian masyarakat Kota Solo,” kata John.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut