get app
inews
Aa Read Next : Pengungsi Banjir Demak Telah Kembali ke Rumah, Genangan Tersisa di 4 Desa

Songsong Libur Nataru, Wapres Minta BNPB Siapkan Mitigasi Bencana Sistematis dan Terencana

Jum'at, 23 Desember 2022 | 10:07 WIB
header img
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Foto: Ist

NUSA DUA, iNewsSemarang.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bersiap dan mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. Oleh karena itu Wapres menegaskan mitigasi bencana harus dilakukan secara sistematis dan terencana.

“Pekerjaan (mitigasi) bukan didadak tapi dilakukan sistematis, terencana,” tegas Wapres di sela kunjungan kerja di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (23/12/2022).

Meskipun, kata Wapres, mitigasi bencana sudah ada peta jalannya. “Mitigasi seharusnya sudah punya petanya oleh karena itu yang kita siapkan antisipasi,” kata dia.

Bahkan, kata Wapres, jika memang ada daerah yang rawan bencana sudah harus direlokasi. Sehingga ketika terjadi bencana tidak menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak.

“Juga memang kalau daerah yang sangat berbahaya itu sudah harus direlokasi kalau tidak korbannya akan terulang lagi di daerah yang lebih aman lah supaya tidak terjadi korban lagi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wapres meminta dalam menyongsong libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 mendatang perlu disiapkan dengan baik. Mengingat, sejumlah pihak salah satunya BMKG relah mengeluarkan peringatan dini potensi bencana akibat cuaca ekstrem.

"Saya kira pemerintah terus mengingatkan baik pada lembaga yang di pusat BNPB, maupun di pemerintah daerah terutama daerah-daerah yang biasa dilanda bencana, banjir, longsor, termasuk gempa juga supaya terus mempersiapkan diri untuk antisipasi,” tegas Wapres.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut