get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Kisah Sukses Samsul Huda, Lulusan SMK yang Kini Jadi Asisten Profesor di Okayama University

Sabtu, 24 Desember 2022 | 15:58 WIB
header img
Samsul Huda, seorang lulusan SMK Negeri 1 Blitar yang kini menjadi asisten profesor di Jepang. Foto : Vokasi Kemdikbud

JAKARTA, iNewsSemarang.id Kisah sukses Samsul Huda, pemuda asal Blitar, Jawa Timur ini sangat inspiratif. Samsul Huda saat ini bekerja sebagai asisten profesor di Okayama University, Jepang . Tak disangka, pemuda tersebut berasal dari SMK.

Tentu bukan setelah lulus langsung jadi dosen, melainkan kuliah dulu. Samsul, sapaan akrabnya merupakan lulusan SMK Negeri 1 Blitar tahun 2010. Ternyata, saat menempuh pendidikan di SMK, Samsul mengaku pernah terlambat masuk mata pelajaran bahasa Inggris.

Ia pun tidak diizinkan masuk dan dihukum untuk berdiri di bawah tiang bendera. Menariknya, ucapan dari sang guru saat memberikan hukuman kepada Samsul benar-benar menjadi kenyataan. Ia diminta bisa belajar seperti orang Jepang yang disiplin.

"Saya dihukum tidak boleh masuk dan diminta berdiri di bawah tiang bendera. Pak Iwan (guru bahasa Inggris) bilang, 'Sana berdiri di bawah tiang bendera, ngadep dewa matahari, biar bisa kayak orang Jepang yang bisa disiplin'," kisah Samsul dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Sabtu (24/12/2022).

Ternyata, untuk sampai di posisinya saat ini, ia harus melalui proses yang tidak mudah. Kondisi ekonomi sempat membuat ia mengurungkan niat melanjutkan pendidikan. Tapi, dengan semangat dan kemauan menggapai cita-cita, ia akhirnya bisa melanjutkan pendidikan.

“Setahun sebelum lulus, bapak pensiun dari guru dan menyampaikan kalau tidak bisa membiayai penuh untuk bisa studi lanjut. Kemudian, saya sampaikan ke bapak dan ibu bahwa ada rencana sekolah lagi. Mohon bantuan untuk ikut mendoakan agar bisa lanjut sekolah dengan beasiswa penuh,” cerita Samsul.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut